STUDI DESKRIPTIF KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN UNTUK PASIEN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DI RSUD IBNU SINA KABUPATEN GRESIK
Main Author: | RAHMA S MULIASARI, 070810559 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/42394/1/ABSTRAK.pdf http://repository.unair.ac.id/42394/2/FIS.AN.49-16%20Mul%20s.pdf http://repository.unair.ac.id/42394/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Salah satu tugas pokok pemerintah adalah memberikan pelayanan. Pelayanan public adalah pemenuhan keinginan dan kebutuhan masyarakat oleh public (masyarakat) dan tentu saja dengan tujuan agar dapat menigkatkan kesejahteraan masyarakat. Setiap warna Negara berhak memperoleh pelayanan kesehatan dengan baik. Sebagai salah satu upaya mengentaskan kemiskinan pemerintah melalui Departemen Kesehatan sejak tahun 2005 membuat program jaminan kesehatan bagi masyarakat miskin dan tidak mampu. Permasalahan dalam yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas pelayanan kesehatan bagi penerima bpjs di RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendekripsikan kualitas pelayanan bagi penerima program BPJS Kesehatan di RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik. Lokasi penelitian dilakukan di Rumah Sakit Ibnu Sina Kabupaten Gresik yang merupakan rumah sakit naungan pemerintah setempat dan menjadi rujukan pasien BPJS. Peneliti menggunakan teknik pemilihan informan purposive sampling. Peneliti memakai analisa “kualitatif” yaitu merupakan data yang muncul berwujud kata-kata dan bukan rangkaian angka. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat enam dimensi pada kualitas pelayanan kesehatan, yaitu: (1) Tangibles (buktifisik) (2) Responsiveness (dayatanggap) (3) Competence (Kompetensi) (4) Credibility (Kredibilitas) (5) Access (Akses) (6) Communication (Komunikasi)