Kualitas Pelayanan Kepengurusan Sertifikat Peralihan Hak Atas Tanah dari Hasil Jual-Beli di Kantor Pertanahan Kota Surabaya I

Main Author: DEWI RIZKY RACHMAWATI, 071211133032
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/42390/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/42390/2/FIS.AN.45-16%20Rac%20k.pdf
http://repository.unair.ac.id/42390/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Pelayanan pertanahan merupakan salah satu bagian dari pelayanan administrasi yang banyak menjadi isu negatif dalam penyelenggaraannya. Isu bahwa lamanya proses pelayanan yang diperlukan, biaya yang tidak sedikit hingga pungutan liar yang kerap dilakukan oleh petugas membuat kualitas pelayanan pertanahan dipandang buruk. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menggambarkan bagaimana kualitas pelayanan kepengurusan sertifikat peralihan hak atas tanah dari hasil jualbeli di Kantor Pertanahan Kota Surabaya I. Tipe penelitian ini adalah deskritif kualitatif. Lokasi penelitian ini berada di Kantor Pertanahan Kota Surabaya I. Teknik penentuan informan yang digunakan ialah purposive sampling kemudian dilanjutkan dengan snowball sampling. Teknik pengumpualan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pertanahan secara keseluruhan cukup baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan yakni sumber daya manusia (SDM), struktur organisasi, dan sistem pelayanan.