ANALISIS KEMAMPUAN BELAJAR MAHASISWA JURUSAN MATEMATIKA FMIPA UNAIR DITINJAU DARI PRESTASI HASIL STUDI YANG DICAPAI PADA BIDANG MATEMATIKA MURNI DAN MATEMATIKA TERAPAN
Main Author: | Sediono, Drs |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Airlangga
, 1993
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/41990/1/gdlhub-gdl-res-2014-lembagapen-32094-2.ringka-n.pdf http://repository.unair.ac.id/41990/2/gdlhub-gdl-res-2014-lembagapen-3full2094-2.ringka-n.pdf http://repository.unair.ac.id/41990/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Dalam pembangunan Nasional. khususnya pada pengembangan llmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) , peranan ilmu-ilmu dasar termasuk matematika tidak dapat diabaikan. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa teknologi tingkat tinggi seperti teknologi komputer. teknologi permesinan. teknologi industri dan sebagainya juga mengandung komponen ilmu-ilmu dasar termasuk matematika dalam kadar yang tinggi pula. Da lam pene litian in i perRt&Sa lartarl Yo ng .ji k,ntl.l kakan ada 1ah apakah terdapat perbedaan kemampuan bclajar di antara para mahasiswa dan mahasiswi jurusan Matematika FHIPA Unair pada bidang matematika murni dan matematika tarapan. Pemilihan permasalahan ini didasarkan atas pertimbangan bahwa mahasiswa dan mahasiswi jurusan Hatematika FHIPA Unair merupakan ealon intelektual yang dibutuhkan khususnya manEaat dari ilmunya. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahuai apakah prestasi para mahasiswa tersebut untuk kedua bidang matematika tersebut berbeda atau tidak. Seeara umum hipotesis yang dikemukakan adalah tidak terdapat perbedaan mengenai kemampuan mereka untuk kedua bidang matematika. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nila} (IPK) kedu9. kelom[,ok ma.hasiswa yang berjumlah 20 orang, masing masing tcrdiri dari 12 orang rrtabasiswa dan 8 orang mahasiswi. selain itu juga diambil IPK mereka selama menempuh perkuliahan. Analisis yang digunakan adalah uji Hann-Whitney. yakni uji mengenai dua buah populasi yang saling bebas. Dari penelitian inl tenrnyata terdapat perbedaan an tara kemampuan mereka, baik prestasinya selama selama menempuh perkuliaban maupun prestasinYB dalam bidana matematlka murni, akan tetapi dengan uji yang sama kemampuan mereka dalam bidang studi matematika terapan tidak menunjukkan perbedaan yang berarti. Perbedaan ini seeara hipotetik dikarenakan konsep-konsep dalam matematika murni berbeda dengan konsap-konsep dalam matematika terapan. Selain itu juga disebabkan adanya minat maupun bakat dari masing-masing mahasiswa.