PENGARUH JURUSAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS TERHADAP INDEKS PRESTASI MAHASISWA-MAHASISWI JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS AIRLANGGA

Main Authors: Any Irwanto, Drs.,Ak, Lindawati Gani, Dra.,Ak, Mienati S.L, Dra.,Ak
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Airlangga , 1990
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/41974/1/gdlhub-gdl-res-2014-irwantoand-32059-2.ringka-n.pdf
http://repository.unair.ac.id/41974/2/gdlhub-gdl-res-2014-irwantoand-32059-fn.pdf
http://repository.unair.ac.id/41974/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penjurusan di Sekolah Menengah Atas merupakan masalah yang tak pernah selesai diperbincangkan oleh kalangan pendidikan, dan dari kepustakaan maupun hasil diskusi para ahli nampak bahwa pembicaraan tentang penjurusan di Sekolah Menengah Atas ini tidak didasarkan pada temuan empirik yang memadai. Sudah menjadi keyakinan umum bahkan semacam mitos-mitos, bahwa siswa-siswa Sekolah Menengah Atas yang berada di jurusan Al dan A2 merupakan siswa-siswi yang lebih baik kemampuan akademisnya dibandingkan dengan siswa-siswi yang berada di jurusan sosial A3 dan A4. Bahkan pihak manajemen sekolahpun secara tak sadar ,I memberi perhatian lebih kepada para siswa-siswi Al dan $2 dalam bentuk fasilitas belajar yang lebih baik. Demikian pula orang tua selalu berupaya supaya putra-putrinya dapat masuk jurusan Al atau A2 dengan segala macam cara. yang dikarenakan stereotype yang tertanam di masyarakat bahwa siswa-siswi jurusan Al dan A2 memiliki kualitas akademis yang lebih baik.