PERILAKU PENEMUAN INFORMASI DI KALANGAN ANAK MUDA SEBAGAI NET GENERATION (Studi Deskriptif Tentang Peran Internet dalam Pengembangan Perilaku Penemuan Informasi pada Kalangan Siswa SMA di Surabaya)

Main Author: AGNI SANTIAJI PRADANA, 070916056
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/41377/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/41377/2/FIS.IIP.32-16%20Pra%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/41377/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Dalam penelitian ini, peneliti akan membahas tentang gambaran perilaku penemuan informasi di kalangan siswa SMA di Surabaya sebagai kelompok anak muda (Net Generation). Penelitian ini akan dikaji dengan menggunakan teori radical of change dari Dresang dan Koh Kyungwon yang akan menggambarkan tentang karakteristik perilaku penemuan informasi kaum muda di era digital berdasarkan 3 tipologi yaitu interactivitas, conectivitas, dan akses. Akan tetapi pada peneletian ini peneliti hanya menggunakan 2 tipologi saja untuk menggambarkan perilaku penemuan informasi kaum muda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe deskriptif survei. Tipe deskriptif survei dipilih oleh peneliti karena peneliti hanya bermaksud mendeskripsikan perilaku penemuan informasi di kalangan anak muda / Net Generation dengan tidak menggunakan dan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini memiliki focus pada fakta atau gejala social tentang perubahan literature media informasi yang berdampak pada perlaku penemuan informasi kaum muda (Net Gen). Pada penelitian ini peneliti akan mengambil jumlah sample 100 siswa atau 1 kelompok saja yang mewakili dari keseluruhan populasi yang dianggap sama. Sample 100 siswa ini terdiri dari 50 siswa SMA Negeri dan 50 siswa SMA Swasta, hal ini didasari karena perbedaan fasilitas yang dimiliki sekolah negeri dengan swasta. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terjadi perubahan karakteristik perilaku penemuan informasi kaum muda saat ini seiring dengan adanya perubahan sumber media informasi. Hal ini dapat dilihat dari interaksi kaum muda pada fitur-fitur yang ada pada media baru (gadgedt) dalam menemukan informasi. Peran internet juga turut serta dalam perubahan ini, dimana internet telah menjadi bagian dari kehidupan kaum muda saat ini.