KONSUMERISME PASAR VIRTUAL DI KALANGAN PELAJAR SURABAYA Studi tentang Perilaku Konsumsi Kalangan Pelajar SMA Komplek Surabaya di Pasar Virtual

Main Author: Alfie Aulia Rahman, 071211433023
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/41301/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/41301/2/FIS.S.48-16%20Rah%20k.pdf
http://repository.unair.ac.id/41301/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Pasar virtual merupakan fenomena yang sudah tidak asing lagi di masyarakat kita, terutama di kalangan pelajar Surabaya. Pasar virtual yang lebih akrab dikenal dengan online shop ini ternyata cukup digemari kalangan pelajar di SMA Komplek Surabaya mengingat kebutuhan pelajar yang semakin beragam dalam segala aspeknya hingga memunculkan adanya pergeseran fungsi juga dampak dari kegitan berbelanja yang dilakukan para pelajar ini. Teori yang digunakan untuk menganalisa permasalahan penelitian ini adalah teori Konsumsi dari Jean Baudrillard. Ada dua konsep terkait teori konsumsi yang diungkapkan oleh Jean Baudrillard, yaitu Simulasi dan Hiperrealitas. Kedua konsep ini digunakan untuk menganalisis pergeseran peran dan fungsi serta dampak yang muncul terkait sikap konsumerisme yang muncul dalam konsumsi para pelajar Surabaya di pasar virtual. Informan dalam penelitian ini adalah para pelajar SMA Komplek Surabaya yang terdiri dari SMA N 1 Surabaya, SMA N 2 Surabaya, SMA N 5 Surabaya, dan SMA N 9 Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dan observasi di lapangan. Dan menggunakan pendekatan semiotik. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini antara lain: (1) para pelajar semakin terganggu aktivitas sehari-harinya sebagai seorang pelajar karena berbelanja di pasar virtual (2) kemudahan berbelanja di pasar virtual mengakibatkan terganggunya kegiatan para pelajar dari berbagai sisi.