PENGARUH STORYTELLING MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP PERILAKU CUCI TANGAN PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK ISLAM MARYAM SURABAYA PENELITIAN PRA EKSPERIMENT
Main Author: | M. FATHUR ROHMAN, 131111057 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/41204/1/ABSTRAK.pdf http://repository.unair.ac.id/41204/2/FKP.N.99-16%20Roh%20p.pdf http://repository.unair.ac.id/41204/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Pendahuluan: Perilaku cuci tangan pada anak merupakan hal yang penting untuk diperhatikan dalam mencegah penyakit yang penyebarannya melalui tangan. Kurangnya informasi terhadap cuci tangan menyebabkan kurangnya perhatian perilaku cuci tangan pada anak. Hal ini terjadi karena metode pendidikan kesehatan untuk mengajarkan cuci tangan belum dapat dijelaskan. Storytelling media boneka tangan merupakan salah satu metode pendidikan kesehatan yang bisa mengatasi hal tersebut. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh storytelling media boneka tangan terhadap peningkatan pengetahuan, sikap, dan tindakan anak dalam mencuci tangan. Metode: Penelitian ini adalah penelitian pra-experimen menggunakan pretest posttest one group. Sampel penelitian adalah anak usia usia prasekolah (4-6 tahun) di TK A TK Islam Maryam Surabaya sebanyak 44 anak yang diambil melalui teknik purposif sampling. Storytelling media boneka tangan sebagai variabel independen dan pengetahuan, sikap, dan tindakan anak dalam mencuci tangan adalah variabel dependen. Data yang terkumpul menggunakan kuisoner dan lembar observasi. Kemudian data dianalisis menggunkan wilcoxon signed rank test dengan derajat signifikansi p<0,05. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa storytelling media boneka tangan mempunyai pengaruh terhadap pengetahuan (p=0,000), sikap (p=0,02), dan tindakan (p=0,000). Diskusi: Storytelling media boneka tangan memiliki efek yang signifikan terhadap perubahan pengetahuan, sikap, dan tindakan anak dalam mencuci tangan. Storytelling media boneka tangan direkomendasikan untuk dapat diterapkan sebagai pendidikan kesehatan dalam meningkatkan perilaku cuci tangan pada anak usia prasekolah.