PENGARUH FREE CASH FLOW, MARKET TO BOOK RATIO, SALES GROWTH DAN PAJAK TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA
Main Author: | MARIA LUFITA SARI, 041211333028 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/41149/1/ABSTRAK.pdf http://repository.unair.ac.id/41149/2/A.231-16%20Sar%20p.pdf http://repository.unair.ac.id/41149/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Dividen yang dibagikan kepada pemegang saham sangat bergantung pada kebijakan perusahaan. Dalam menentukan kebijakan tersebut, perusahaan tentunya mempertimbangkan berbagai faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh free cash flow, market to book ratio, sales growth dan pajak terhadap kebijakan dividen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012-2014 dengan kriteria tertentu. Jumlah sampel yang digunakan adalah 97 perusahaan. Data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan tahunan perusahaan yang telah diaudit. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas,uji multikolineritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa (1) free cash flow berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen. (2) Market to book ratio berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen. (3) Sales growth berpengaruh tidak signifikan terhadap kebijakan dividen. (4) Pajak berpengaruh tidak signifikan terhadap kebijakan dividen.