Daftar Isi:
  • Lima tahun terakhir perkembangan coffee shop / coffee house di Indonesia dapat dikatakan sangat pesat, khususnya di kota Surabaya. Menjamurnya coffee shop di Surabaya membuat persaingan semakin ketat. Hal ini menuntut pengelola coffee shop untuk selalu berinovasi dan memberikan yang terbaik kepada pelanggannya. Banyak faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih coffee shop yang hendak dikunjungi, sedangkan setiap pemasar dituntut untuk dapat memberikan apa yang diinginkan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yangn menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih coffee shop yang hendak dikunjunginya. Dengan mengetahui faktor-faktor tersebut, pengelola coffee shop dapat lebih fokus dalam meningkatkan kualitas produknya, baik produk barang maupun produk pelayanan jasanya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis faktor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat sebelas faktor yang mempengaruhi pertimbangan konsumen dalam memilih coffee shop yang akan dikunjunginya. Faktor tersebut adalah Keahlian Karyawan, Kemudahan Akses, Kenyamanan, Fasilitas, Penampilan< Makanan dan Minuman, Keunggulan, Internal dan Eksternal, Sikap dan Kecepatan, brand, dan Harga.