IDENTIFIKASI STRATEGI LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI DI DIREKTORAT SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS AIRLANGGA MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA ITIL 2011

Main Author: IAN FIRSTIAN ALDHI, 081016078
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/28189/1/gdlhub-gdl-s1-2015-aldhiianfi-39758-7.abstr-k.pdf
http://repository.unair.ac.id/28189/2/ST.%20SI.%2055-15%20Ald%20i.pdf
http://repository.unair.ac.id/28189/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi strategi layanan teknologi informasi di direktorat sistem informasi Universitas Airlangga yang bisa digunakan sebagai acuan pihak DSI UA untuk menerapkan strategi layanan teknologi informasi (TI) yang tepat dan meninjau kembali strategi layanan TI sehingga dapat dihasilkan sebuah strategi layanan TI baru yang lebih sesuai untuk DSI UA. Kerangka kerja yang digunakan sebagai acuan untuk mengidentifikasi adalah Information Technology Infrastructure Library (ITIL), tetapi dalam tahapan awal penelitian digunakan kerangka kerja Control Objective for Information and Related Technology (COBIT). Tahap pertama yang dilakukan adalah mengidentifikasi tujuan organisasi yang bertujuan untuk mengetahui fokus dari tujuan organisasi DSI UA. Kemudian tahap kedua adalah mengidentifikasi tujuan terkait TI yang bertujuan mengetahui fokus tujuan terkait TI di DSI UA. Selanjutnya tahap ketiga adalah mengidentifikasi proses ITIL 2011 yang bertujuan untuk mengetahui proses ITIL 2011 yang ada di DSI UA. Berikutnya tahap keempat adalah menganalisis layanan TI DSI UA untuk mengetahui aktifitas layanan TI DSI UA pada kerangka kerja ITIL. Langkah terakhir adalah merumuskan strategi layanan TI yang berdasarkan analisis yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil identifikasi yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat 17 aktifitas dan 48 KPI yang membutuhkan saran strategi layanan TI