Usulan Strategi Pemasaran Produk Garam (Studi Kasus: Produk Garam Karya Tani)
Main Authors: | Hermawan, Melina, Solihin, Soliandy |
---|---|
Format: | Article application/x-download eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Integra
, 2014
|
Online Access: |
http://majour.maranatha.edu/index.php/Integra/article/view/1104 |
Daftar Isi:
- PD. Sumur Sari Bandung merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi garam di Bandung dengan merk Karya Tani. Sejak bulan Maret 2010-Febuari 2011, penjualan garamturun rata-rata 11.7% setiap bulannya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat kepentingan dan persepsi konsumen terhadap garam Karya Tani, kelebihan dan kelemahan garam Karya Tani dibanding pesaingnya yaitu Cap Naga dan Menjangan serta Segmentation, Targeting dan Positioning Garam Karya Tani. Pengumpulan data melalui kuesioner dengan variabel konsep bauran pemasaran 4P, yaitu Product, Price, Place, dan Promotion. Penyebaran kuesioner penelitian menggunakan teknik sampling purposive kepada 120 konsumen pengguna garam dan 120 penjual grosir dan pasartradisional yang berada di Pasar Caringin Bandung.Data profil responden diolah menggunakan statistic deskriptif untuk menentukan Segmentation, Targeting, Positioning, sedangkan tingkat kepentingan dan persepsi baik darikonsumen maupun penjual grosir dan pasar tradisional diolah menggunakan Importance Performance Analysis, serta kelebihan dan kelemahan garam Karya Tani dibanding pesaingdiolah menggunakan Correspondence Analysis.Target pasar garam Karya Tani adalah ibu rumah tangga yang membeli garam di tempat dekat rumah. Positioning sebagai garam yang selalu dekat di hati. Variabel yang perludiperbaiki karena tertinggal dari pesaing dan dirasakan tidak puas oleh konsumen dan penjual adalah ketersediaan produk dan variasi ukuran kemasan garam.