Analisis Faktor Kemasan Bumbu Masak Racik yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen di Bandung

Main Authors: ., Yulianti, Dewi, Yuni Silviani
Format: Article application/x-download eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Integra , 2014
Online Access: http://majour.maranatha.edu/index.php/Integra/article/view/1090
Daftar Isi:
  • Sebagai perusahaan yang sudah 25 tahun bergerak di bidang bumbu masak racik, PT X terus berupaya meningkatkan daya saingnya, apalagi saat ini diketahui bahwa penjualan produkIndofood lebih unggul daripada penjualan produk PT. X. Berbagai faktor yang dapat menyebabkan PT. X kalah bersaing, namun penelitian ini fokus membahas faktor kemasanproduk dengan variabel dimensi kemasan dari Terence A. Shimp, yaitu warna, bentuk, jenis bahan, desain kemasan dan tulisan (informasi) pada kemasan. Dengan menggunakan metode Regresi Berganda dan Correspondence Analysis akan diketahui hubungan antara kemasan terhadap minat konsumen untuk membeli produk bumbu masak racik dan posisi persaingan PT. X terhadap dua pesaing utamanya.Berdasarkan hasil pengolahan data, diusulkan agar PT. X lebih menonjolkan informasi kadar gizi pada kemasannya. Selain itu disarankan agar PT. X menggunakan bahan kemasan yangramah lingkungan dan mencantumkan informasi tersebut pada kemasannya karena variabel ini merupakan variabel yang memiliki pengaruh paling besar dalam menarik minat masyarakat.