KUALIFIKASI, INTENSITAS DIKLAT, LINGKUNGAN, MOTIVASI KERJA, DAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH

Main Author: T., Ratmawati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Malang
Subjects:
Online Access: http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/2880
http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/2880/1247
Daftar Isi:
  • Abstract: Principals' Qualification, Training Intensity, Environment, Motivation, and Principals' Competences. The study tries to investigate the relationship between the qualification, education-and-training intensity, endvironment, motivation, and competence of principals. The data collected using a questionnaire from 239 principals of Elementary Schools in Makassar are analyzed using multivariate analysis based on Structural Equation Models (SEM). The result shows that there is a significant correlation between the quali­fication, education-and-training intensity, endvironment, motivation, and competence of the principals. Abstrak: Kualifikasi, Intensitas Diklat, Lingkungan, Motivasi, dan Kompetensi Kepala Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara kualifikasi kepala sekolah, intensitas diklat, lingkungan kerja, motivasi kerja, dan kinerja kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan metode korela­sional dengan analisis statistik multivariat SEM terhadap 239 orang kepala sekolah SDN di Kota Makassar dan menggunakan instrumen angket model skala lima pilihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kuali­fikasi kepala sekolah, intensitas diklat, dan motivasi kerja berhubungan langsung secara signifikan dengan kompetensi kepala sekolah. Akan tetapi, lingkungan kerja berhubungan tidak langsung dengan kompe­tensi kepala sekolah