Pengaruh Penerapan Strategi Quiz Team Terhadap Minat Dan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV MIN 2 Ponorogo tahun Pelajaran 2018/2019

Main Author: Tiowati, Sulis
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: IAIN Ponorogo , 2019
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainponorogo.ac.id/8147/1/SULIS%20TIOWATI.pdf
http://etheses.iainponorogo.ac.id/8147/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Sulis Tiowati. 2019. Pengaruh penerapan strategi quiz team terhadap minat dan hasil belajar pada pembelajaran tematik siswa kelas IV MIN 2 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Sofwan Hadi, M.Si. Kata Kunci : Strategi Quiz team, Minat belajar, Hasil belajar Strategi quiz team merupakan salah satu tipe pembelajaran Active learning yang berfungsi untuk menghidupkan suasana, meningkatkan rasa tanggung jawab atas apa yang mereka pelajari. Alasan menggunakan strategi quiz team karena strategi ini dirasa dapat membuat susana belajar menjadi menyenangkan dan siswa bisa ikut aktif dalam proses pembelajaran. Di MIN 2 Ponorogo guru belum menggunakan strategi, media maupun metode sehingga menyebabkan minat, keaktifan serta hasil belajar siswa belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) bagaimana pengaruh penggunaan strategi quiz team terhadap minat belajar siswa kelas IV MIN 2 Ponorogo, (2) bagaimana pengaruh penggunaan strategi quiz team terhadap hasil belajar siswa kelas IV MIN 2 Ponorogo, dan (3) adakah pengaruh penggunaan strategi quiz team terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas IV MIN 2 Ponorogo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kela IV di MIN 2 Ponorogo dengan jumlah 46 siswa, dengan 23 siswa untuk kelas eksperimen dan 23 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dan sampel populasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji T Bedasarkan data yang telah dihitung menunjukkan bahwa rata-rata minat belajar siswa memiliki nilai t hitung 2,831 sedangkan t tabel 1,684, α 0,05 dan rata-rata hasil belajar siswa memiliki nilai t hitung 6,258 sedangkan t tabel 1,697, α 0,05 variabel diatas menunjukkan t hitung > t tabel, artinya Ho ditolak dan Ha diterima maka terdapat pengaruh strategi quiz team terhadap minat dan hasil belajar pada pembelajaran tematik siswa kelas IV