Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo)

Main Author: Megasari, Indah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainponorogo.ac.id/7974/1/Indah%20Megasari.pdf
http://etheses.iainponorogo.ac.id/7974/
Daftar Isi:
  • Megasari, Indah. 2019. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo). Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Ponorogo. Pembimbing: Dr.Ahmadi, M.Ag. Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Jasa Pendidikan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh alasan bahwa di era kontenporer saat ini dunia pendidikan dikejutkan dengan adanya model pengelolaan pendidikan berbasis industri. Dunia industri saat ini tengah memasuki era baru yang disebut revolusi industri 4.0. Dalam revolusi industri 4.0, teknologi informasi dan komunikasi menjadi basis dalam kehidupan manusia. Perkembangan dunia internet dan teknologi digital menjadi tulang punggung penggerak konektivitas manusia dan mesin di era ini. Perkembangan teknologi termasuk penggunaan berbagai media sosial pada era revolusi industri ini memberikan angin segar (dampak positif) kepada para pemasar, peluang bagi pengusaha dalam mempromosikan produknya karena caranya yang mudah diakses. Pada era ekonomi digital ini mulai diperkenalkan marketing 4.0 yang merupakan pendekatan terbaru dalam dunia pemasaran yaitu pendekatan pemasaran yang mengombinasikan interaksi online dan interaksi offline antara perusahaan dengan pelanggan yang tujuan utamanya yaitu memenangkan advokasi konsumen yakni melalui gelombang pemasaran baru strategi new wave marketing. Untuk itu, strategi pemasaran jasa pendidikan penting dibahas dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menjelaskan strategi pemasaran jasa pendidikan di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo. (2) Untuk menerangkan implementasi taktik pemasaran jasa pendidikan di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo. (3) Untuk menerangkan nilai pemasaran jasa pendidikan di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah studi kasus. Dengan prosedur pengumpulan data menggunakan: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif Miles dan Hubermen, yang meliputi: kegiatan reduksi data, penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion). Berdasarkan proses pengumpulan dan analis data, peneliti menghasilkan: (1) Terdapat tiga strategi new wave marketing pemasaran jasa pendidikan di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo langkah yang dilakukan, yaitu Communitization, Confirmation, Clarification. (2) Implementasi Tactic new wave marketing Pemasaran Jasa Pendidikan di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo langkah yang diterapkan yaitu: Codification, Co-Creation Currency Communal Activation Promotion is conversation Selling is Comerciliation. (3) Value new wave marketing Pemasaran Jasa Pendidikan di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo langkah yang diterapkan yaitu: Character, Care, Collaboration