Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus di Toko Ladys Ponorogo)

Main Author: Alawiyah, Tuti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainponorogo.ac.id/7916/1/alwa%20upload%20new.pdf
http://etheses.iainponorogo.ac.id/7916/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Alawiyah, Tuti. 2019. Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus di Toko Ladys Ponorogo). Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Agung Eko Purwana SE, MSI. Kata kunci: produk, konsumen, dan distribusi Toko Ladys merupakan salah satu usaha fashion online yang mulai membuka usaha offline dengan membuka toko karena banyaknya permintaan dari konsumen yang menginginkan untuk melihat barang secara langsung. Dengan membuka toko offline, toko Ladys memberikan keluasan konsumen untuk memilih produk yang ingin dibeli. Dalam penetapan harga produk yang ditawarkan terbilang lebih tinggi dibanding yang lain, selain itu dalam pemilihan lokasi usaha kurang strategis. Namun meskipun demikian banyak konsumen yang datang untuk berbelanja ke Toko Ladys. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara variabel harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian baik secara persial maupun simultan. Penelitian ini dilakukan pada konsumen di Toko Ladys Ponorogo, menggunakan data kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 96 responden. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik Nonprobability sampling, teknik sampling yang diambil yaitu teknik incidential. Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Metode analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, regresi linier sederhana dan berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung harga sebesar 2,165 dengan signifikansi sebesar 5%. Nilai ttabel untuk jumlah data sebesar 97 dan variabel bebas sebanyak 2 dengan taraf signifikansi 5% (0,05), maka diperoleh nilai ttabel sebesar 1,98552. Sehingga thitung > ttabel (2,165 > 1,98552), dapat simpulkan bahwa harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk di Toko Ladys Ponorogo. Begitu juga lokasi yang menunjukkan mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian produk di Toko Ladys Ponorogo, dengan hasil penilitian thitung > ttabel (2,912 > 1,98552). Harga dan lokasi juga berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dengan hasil nilai Fhitung sebesar 23,902 > Ftabel sebesar 3,09. Presentase yang diberikan variabel harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian yaitu sebessar 34%, sehingga 66% dipengaruhi oleh factor lain yang tidak dibahas dalam penelitian.