(UPLOAD ULANG) implementasi manajemen public relation dalam membangun citra madrasah (studi kasus di madrasah aliyah negeri 2 ponorogo)

Main Author: Muhammad, Fatih
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainponorogo.ac.id/7732/1/Cover%20Skripsi%2001.pdf
http://etheses.iainponorogo.ac.id/7732/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Muhammad, Fatih. 2019. Strategi Manajemen Public Relation dalam Membangun Citra Madrasah di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Mukhibbat, M. Ag.. Kata Kunci: Manajemen public relation, Citra madrasah Keberadaan public relation dalam suatu organisasi adalah sebuah indikasi bahwa public relation memiliki peranan penting dalam perputaran sistem yang ada pada manajemen dan lembaga organisasi. Keberadaannya mampu menyentuh dan menerobos aspek-aspek sosial dan kepentingan publik yang selalu menampilkan sisi positif dalam mewujudkan citra positif. Hal ini merupakan indikasi dari proses terbentuknya citra yang baik dimata masyarakat sekitar. Jadi, masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi manajemen public relation dalam membangun citra madrasah, 2) Apa faktor-faktor pendukung dan penghambat manajemen public relation dalam membangun citra madrasah, 3) Bagaimana hasil yang dicapai manajemen public relation dalam membangun citra madrasah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi manajemen public relation dalam membangun citra madrasah, mengetahui faktor-faktor pendukung, penghambat dalam manajemen public relation dan internal lembaga mampu berkompetensi dengan lembaga lainnya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi sesuai pengamatan di lapangan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa strategi yang diterapakn manajemen public relation dalam membangun citra madrasah adalah mengetahui keadaan internal maupun eksternal lembaga, memperbaiki kondisi fisik, non fisik lembaga, mengenali madrasah kepada masyarakat dan menjalin kerja sama antara instansi lainnya. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor pendukung dan penghambat manajemen public relation dalam membangun citra madrasah sehingga menghasilkan respon positif dari kalangan masyarakat dan mendapatkan citra yang baik dimata masyarakat baik internal maupun eksternal. Terwujudnya madrasah yang berkualitas dapat memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat sekitar, meningkatnya kualitas pendidikan masyarakat, menjadikan madrasah sebagai pendorong utama pusat kegiatan keagamaan serta meningkatnya kepercayaan terhadap keberadaan madrasah terhadap respon positif dari kalangan masyarakat dan mendapatkan citra yang baik dimata masyarakat baik internal maupun eksternal.