pengaruh kompetensi teller dan pelayanan prima customer service terhadap kepuasan mahasiswa febi iain ponorogo dalam menggunakan tabungan faedah di brisyariah kcp ponorogo
Main Author: | Rokhani, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etheses.iainponorogo.ac.id/7726/1/SKRIPSI%20Upload%20ethesiss%20%281%29.pdf http://etheses.iainponorogo.ac.id/7726/ |
Daftar Isi:
- Rokhani, Siti. 2019. “Pengaruh Kompetensi Teller dan Pelayanan Prima Customer Service terhadap Kepuasan Mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo dalam menggunakan Tabungan Faedah di BRISyariah KCP Ponorogo.” Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Unun Roudlotul Janah, M.Ag. Kata Kunci: SDM, Kinerja, Kualitas Kompetensi SDM dan pelayanan suatu bank tentu mewajibkan petugas serta personal di dalamnya untuk memberikan service yang terbaik. Sebagaimana Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dari pihak BRISyariah KCP Ponorogo yang berupaya memaksimalkan tata aturan atau prosedur service yang berlaku. Hal ini dilakukan guna mencapai orientasi kinerja bank, yang ditujukan pada kepuasan nasabah. Salah satu manfaat bank memperhatikan kepuasan nasabah adalah terciptanya rekomendasi dari mulut ke mulut yang menguntungkan bagi bank sehingga banyak yang membeli/ menggunakan produk maupun jasa. Namun ternyata, masih sedikit mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo yang menggunakan produk bank syariah di BRI Syariah KCP Ponorogo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah kompetensi teller berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo dalam menggunakan tabungan faedah di BRISyariah KCP Ponorogo? 2) Apakah pelayanan prima customer service berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo dalam menggunakan tabungan faedah di BRISyariah KCP Ponorogo? 3) Apakah kompetensi teller dan pelayanan prima customer service berpengaruh secara bersamaan terhadap kepuasan mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo dalam menggunakan tabungan faedah di BRISyariah KCP Ponorogo? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dimana data yang digunakan yaitu data primer. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan teknik kuisioner atau pertanyaan. Menggunakan analisis regresi ganda, lalu menarik kesimpulan berdasarkan hasil olah data tersebut. Pengolahan data menggunakan program IBM SPSS 21. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa berdasarkan uji analisis memberikan hasil: 1) Ada pengaruh kompetensi teller secara positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo dalam menggunakan tabungan faedah di BRISyariah KCP Ponorogo. 2) Ada pengaruh pelayanan prima customer service secara positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo dalam menggunakan tabungan faedah di BRISyariah KCP Ponorogo. 3) Kompetensi teller dan pelayanan prima customer service berpengaruh bersamaan secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo dalam menggunakan tabungan faedah di BRISyariah KCP Ponorogo.