peran pembimbing kamar dalam meningkatkan kedisiplinan dan kepribadian santri di pondok pesantren darul huda mayak tonatan ponorogo

Main Author: Rofiah, Malikatur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainponorogo.ac.id/7721/1/UPLOAD.pdf
http://etheses.iainponorogo.ac.id/7721/
ctrlnum 7721
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainponorogo.ac.id/7721/</relation><title>peran pembimbing kamar dalam meningkatkan kedisiplinan dan kepribadian santri di pondok pesantren darul huda mayak tonatan ponorogo</title><creator>Rofiah, Malikatur</creator><subject>139999 Education not elsewhere classified</subject><description>ABSTRAK &#xD; Rofiah, Malikatur, 2019. Peran pembimbing kamar dalam meningkatkan kedisiplinan dan kepribadian santri di pondok pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Skripsi, program Studi Pendidikan Agama Islam, fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.&#xD; Kata kunci: peran pembimbing kamar, kedisiplinan, kepribadian, santri, Pondok Pesantren&#xD; Pembimbing kamar merupakan suatu organisasi yang diadakan di pondok pesantren Darul Huda Mayak mereka dipilih bukan berdasarkan pemilihan tetapi mereka dipilih berdasarkan kewajiban bahwa santri yang telah menamatkan sekolah madrasah ataupun aliyah di pondok tersebut dan masih berada di pondok maka ia akan menjadi seorang pembimbing kamar. Tugas mereka adalah untuk mengatur anggota kamar atau yang biasa disebut dengan anak kamar dalam mengontrol, membimbing dan mengarahkan anggota kamar dalam melakukan kegiatan sehari-harinya dan juga mengingatkan ketika ada anggota kamar ada yang melakukan kesalahan. Kedisiplinan itu sendiri tidak akan terbentuk jika tidak ada bimbingan atau pengawasan dari pihak yang lebih atas, dan juga kepribadian santri itu sendiri tidak akan menjadi baik jika tidak ada pengarahan dan pembimbingan dari pihak yang bertanggung jawab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) untuk mengetahui peran pembimbing kamar dalam menanamkann kedisiplinan santri di pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo (2) untuk mengetahui peran pembimbing kamar dalam menanamkan kepribadian santri di pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo (3) untuk mengetahui dampak peran pembimbing kamar terhadap kedisiplinan dan kepribadian santri di pondok pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo.&#xD; Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan study kasus dengan menggunakan metode analisis yang dilakukan peneliti. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumen sebagai instrumen kunci, sedangkan informanya adalah ketua pondok dan pembimbing kamar. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Pelaksanaan kedisiplinan terhadap santri dilakukan dengan berbagai cara diantaranya dengan pengarahan terhadap santri dan pembimbingan dalam setiap kegiatan sehari-harinya. mereka juga diberikan berbagai macam tata tertib kamar dan peraturan-peraturan kamar yang harus mereka patuhi, selain itu Mereka juga akan selalu diingatkan oleh pembimbing kamarnya ketika akan melakukan kegiatan yang mereka tidak tahu. Pembimbing kamar memulai pembimbingan dan pengawasan mulai dari bangun sampai tidur kembali untuk membina kedisplinan santri di kamar. (2) Proses pelaksanaan pembentukan kepribadian santri yang baik yang dilakukan oleh pembimbing kamar diantaranya adalah dengan cara suri tauladan yaitu pembimbing kamar mengajarkan atau mencontohkan perilaku yang baik terhadap santri dengan begitu seorang santri lama-kelamaan akan meniru atau mencontoh perrilaku dari seorang pembimbing kamarnya. (3) Dampak dari peran seorang pembimbing kamar dalam hal ini sudah berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil yang positif, terbukti dari kebijakan pembimbing kamar saat memberikan berbagai peraturan yang harus di taati oleh anggota kamar, mereka yang awalnya masih semaunya sendiri menjadi lebih disiplin dalam melakukan aktivitas. dan dalam kepribadian santri yang awalnya mereka berperilaku kurang baik saat mendapat bimbingan dengan suri tauladan dan nasehat dari pembimbing kamar mereka lama-kelamaan bisa merubah sifat mereka dari yang awalnya belum baik menjadi lebih baik.</description><date>2019-09-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainponorogo.ac.id/7721/1/UPLOAD.pdf</identifier><identifier> Rofiah, Malikatur (2019) peran pembimbing kamar dalam meningkatkan kedisiplinan dan kepribadian santri di pondok pesantren darul huda mayak tonatan ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo. </identifier><recordID>7721</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rofiah, Malikatur
title peran pembimbing kamar dalam meningkatkan kedisiplinan dan kepribadian santri di pondok pesantren darul huda mayak tonatan ponorogo
publishDate 2019
topic 139999 Education not elsewhere classified
url http://etheses.iainponorogo.ac.id/7721/1/UPLOAD.pdf
http://etheses.iainponorogo.ac.id/7721/
contents ABSTRAK Rofiah, Malikatur, 2019. Peran pembimbing kamar dalam meningkatkan kedisiplinan dan kepribadian santri di pondok pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Skripsi, program Studi Pendidikan Agama Islam, fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Kata kunci: peran pembimbing kamar, kedisiplinan, kepribadian, santri, Pondok Pesantren Pembimbing kamar merupakan suatu organisasi yang diadakan di pondok pesantren Darul Huda Mayak mereka dipilih bukan berdasarkan pemilihan tetapi mereka dipilih berdasarkan kewajiban bahwa santri yang telah menamatkan sekolah madrasah ataupun aliyah di pondok tersebut dan masih berada di pondok maka ia akan menjadi seorang pembimbing kamar. Tugas mereka adalah untuk mengatur anggota kamar atau yang biasa disebut dengan anak kamar dalam mengontrol, membimbing dan mengarahkan anggota kamar dalam melakukan kegiatan sehari-harinya dan juga mengingatkan ketika ada anggota kamar ada yang melakukan kesalahan. Kedisiplinan itu sendiri tidak akan terbentuk jika tidak ada bimbingan atau pengawasan dari pihak yang lebih atas, dan juga kepribadian santri itu sendiri tidak akan menjadi baik jika tidak ada pengarahan dan pembimbingan dari pihak yang bertanggung jawab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) untuk mengetahui peran pembimbing kamar dalam menanamkann kedisiplinan santri di pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo (2) untuk mengetahui peran pembimbing kamar dalam menanamkan kepribadian santri di pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo (3) untuk mengetahui dampak peran pembimbing kamar terhadap kedisiplinan dan kepribadian santri di pondok pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan study kasus dengan menggunakan metode analisis yang dilakukan peneliti. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumen sebagai instrumen kunci, sedangkan informanya adalah ketua pondok dan pembimbing kamar. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Pelaksanaan kedisiplinan terhadap santri dilakukan dengan berbagai cara diantaranya dengan pengarahan terhadap santri dan pembimbingan dalam setiap kegiatan sehari-harinya. mereka juga diberikan berbagai macam tata tertib kamar dan peraturan-peraturan kamar yang harus mereka patuhi, selain itu Mereka juga akan selalu diingatkan oleh pembimbing kamarnya ketika akan melakukan kegiatan yang mereka tidak tahu. Pembimbing kamar memulai pembimbingan dan pengawasan mulai dari bangun sampai tidur kembali untuk membina kedisplinan santri di kamar. (2) Proses pelaksanaan pembentukan kepribadian santri yang baik yang dilakukan oleh pembimbing kamar diantaranya adalah dengan cara suri tauladan yaitu pembimbing kamar mengajarkan atau mencontohkan perilaku yang baik terhadap santri dengan begitu seorang santri lama-kelamaan akan meniru atau mencontoh perrilaku dari seorang pembimbing kamarnya. (3) Dampak dari peran seorang pembimbing kamar dalam hal ini sudah berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil yang positif, terbukti dari kebijakan pembimbing kamar saat memberikan berbagai peraturan yang harus di taati oleh anggota kamar, mereka yang awalnya masih semaunya sendiri menjadi lebih disiplin dalam melakukan aktivitas. dan dalam kepribadian santri yang awalnya mereka berperilaku kurang baik saat mendapat bimbingan dengan suri tauladan dan nasehat dari pembimbing kamar mereka lama-kelamaan bisa merubah sifat mereka dari yang awalnya belum baik menjadi lebih baik.
id IOS3208.7721
institution STAIN Ponorogo
institution_id 128
institution_type library:university
library
library Perpustakaan STAIN Ponorogo
library_id 409
collection Digital Library STAIN Ponorogo
repository_id 3208
subject_area Kesusastraan
Masalah Sosial
Pendidikan
city PONOROGO
province JAWA TIMUR
repoId IOS3208
first_indexed 2019-09-22T08:27:18Z
last_indexed 2019-09-22T08:27:18Z
recordtype dc
_version_ 1766058155888869376
score 17.538404