Pengaruh Service Quality dan Customer Value terhadap Kepuasan Nasabah Menabung di BRI Syariah KC Madiun
Main Author: | Widyawati, Dewi Retno |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etheses.iainponorogo.ac.id/7659/1/DEWI%20RETNO%20WIDYAWATI%20210815125.pdf http://etheses.iainponorogo.ac.id/7659/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Widyawati, Dewi Retno. 2019. Pengaruh Service Quality dan Customer Value terhadap Kepuasan Nasabah Menabung di BRI Syariah KC Madiun. Skripsi, Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Dr. Anton Sudrajat, M.A Kata Kunci: keandalan, nilai, harapan Service Quality (kualitas pelayanan) dan Customer Value (nilai nasabah) memiliki pengaruh yang penting dalam menciptakan kepuasan nasabah. Namun dalam BRI Syariah KC Madiun terdapat keluhan dari nasabah atas pelayanan yang lama dari karyawan sehingga nasabah memerlukan waktu yang lama ketika melakukan transaksi. Selain itu nasabah belum mengetahui sepenuhnya tentang prinsip syariah yang sesungguhnya. Sehingga mereka belum mengetahui manfaat atau nilai apa saja yang nasabah terima ketika menjadi nasabah di BRI Syariah KC Madiun selain manfaat menabung tanpa bunga. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk menganalisis pengaruh service quality secara signifikan terhadap kepuasan nasabah; 2) untuk menganalisis pengaruh customer value secara signifikan terhadap kepuasan nasabah; dan 3) untuk menganalisis Service Quality dan Customer Value berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer yang diperoleh dengan menyebar kuesioner kepada nasabah BRI Syariah KC Madiun. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling dengan mengambil sebanyak 99 responden. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan bantuan SPSS 21. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Service Quality berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah menabung di BRI Syariah KC Madiun karena nilai t-hitung 2,962 > t-tabel 1,984 dan nilai signifikan 0,004 < 0,05. (2) Customer Value berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah menabung di BRI Syariah KC Madiun karena nilai t-hitung 3,924 > t-tabel 1,984 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. (3) Service Quality dan Customer Value berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah menabung di BRI Syariah KC Madiun karena nilai f-hitung 10,574 > f-tabel 3,09 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05.