Peran Guru Dalam Pembimbinngan Belajar Al-Qur'an di SMPN 1 Pudak
Main Author: | Triono, Ahmad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etheses.iainponorogo.ac.id/7643/1/AHMAD%20TRIONO%20.pdf http://etheses.iainponorogo.ac.id/7643/ |
Daftar Isi:
- AHMAD TRIONO, 2019, Peran Guru Dalam Pembimbingan Belajar Al-Qur'an di SMPN 1 Pudak, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Dosen Pembimbing: Muh. WiddaDjuhan, M.Si Kata Kunci: Peran guru; Pembimbingan Belajar Al qur'an Begitu banyak siswa yang mempunyai kemampuan membaca al qur’an yang masih kurang bahkan ada yang tidak mampu membaca sama sekali, oleh karena itu bentuk bimbingan cara membaca al qur’an merupakan bentuk pembelajaran agar siswa berkemampuan membaca al qur’an tersebut. Hal ini juga akan membantu guru agama Islam dalam memberikan pembelajaran agama Islam di sekolah. Selain itu siswa dapat mempelajari berbagai perintah-perintah Allah untuk menjalani kehidupan ini secara Islami. Mengingat banyak sekali perintah-perintah yang mengarahkan pada perilaku kehidupan ini agar dalam kehidupannya lebih baik dan selamat di dunia akhiratnya. Berdasarkan dari uraian diatas, maka selanjutnya akan disampaikan tentang perumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana peran guru dalam pembimbingan belajar Al qur’an siswa SMPN 1 Pudak Ponorogo ? (2) Bagaimana langkah-langkah pembimbingan belajar Al qur’an siswa SMPN 1 Pudak Ponorogo ? Tujuan dalam penelitian ini, disampaikan sebagai berikut: (1) Ingin mengetahui peran guru dalam pembimbingan belajar Al qur’an siswa SMPN 1 Pudak Ponorogo. (2) Ingin mengetahui langkah-langkah pembimbingan belajar Al qur’an siswa SMPN 1 Pudak Ponorogo. Dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan beberapa kegiatan yang mencakup teknik mengambil data, yaitu dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan teknik diskriptif atau lebih spesifik menggunakan model interaktif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Bentuk peran guru dalam pembimbingan belajar membaca Alqur'an harus benar-benar dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Bentuk peran guru antara lain melakukan penambahan jam belajar dan membimbing siswa dalam ekstrakurikuler baca Al-Qur'an. (2) Langkah yang dilakukan antara lain mengadakan penambahan jam belajar Al-Qur'an, untuk memaksimalkan aktivitas belajar siswa. Kemudian melakukan pembimbingan dalam program ekstrakurikuler baca Al-Qur'an, dengan maksud semua siswa mampu membaca Al-Qur'an dengan baik. Hal tersebut dilakukan mengingat jika mengandalkan pada jam yang tersedia sangat kecil sekali untuk mencapai keberhasilan siswa mampu membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar.