Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah Dalam Pelayanan Di Bank Muamalat KCP Ponorogo

Main Author: Yuliawati, Ani Priyana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainponorogo.ac.id/7590/1/Perpus.pdf
http://etheses.iainponorogo.ac.id/7590/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Yuliawati, Ani Priyana, 2019. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah Dalam Pelayanan di Bank Muamalat KCP Ponorogo. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Program Sarjana S-1. Pembimbing Ika Susilawati, MM. Kata Kunci: Tangible, Reliability, Responsiviness, Assurance, Emphaty Di era modern seperti saat ini, perkembangan perbankan syariah dapat dikatakan semakin meningkat dengan banyaknya kantor perbakan syariah yang berdiri, menjadikan masyarakat akan dihadapkan pada banyak pilihan terhadap pelayanan yang ditawarkan oleh bank syariah. Pelayanan yang berkualits tinggi sangatlah dipentingkan bagi nasabah. Karena kualitas pelayanan adalah bagian terpenting bagi produk-produk bank dan pelayanan bank juga sangat mudah diterapkan. Dengan demikian persaingan akan selalu dipengaruhi oleh kemampuan bank dalam memberikan pelayanan terbaik dibandingkan pesaingnya. Kualitas layanan menjadi salah satu kunci dalam keberhasilan bisnis. Apabila nasabah diberikan layanan yang baik maka nasabah akan merasa puas dalam pelayanan yang mereka berikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan nasabah dalam pelayanan di Bank Muamalat KCP Ponorogo, Faktor yang paling dominan mempengaruhi kepuasan nasabah dalam pelayanan di Bank Muamalat KCP Ponorogo. Adapun penelitian yang digunakan penulis ialah penelitian kuantitatif. Populasi berjumlah 5.089, yang dijadikan sampel berjumlah 100. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket), sedangkan analisis data untuk rumusan masalah menggunakan analisis faktor. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa: Terdapat dua faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah dalam pelayanan di Bank Muamalat KCP Ponorogo yaitu faktor pertama faktor kepercayaan dan fasilitas, sedangkan faktor kedua faktor daya tanggap dan jaminan. Faktor pertama terdiri dari keteguhan pada janji, kesopanan, fasilitas fisik, kemampuan karyawan dalam memberikan layanan, kemampuan untuk memenuhi janji layanan yang sudah disampaikan kepada nasabah, materi komunikasi, pengetahuan, menunjukkan pada kemauan dari penyedia layanan untuk membantu nasabah dan personil (pegawai) sedangkan faktor kedua terdiri dari ketepatan, bank dan karyawannya memberikan perhatian secara personal kepada nasabah, menjelaskan tentang produk yang membuat nasabah percaya kepada bank, menunjukkan kepedulian secara personal kepada nasabah dan menyediakan layanan secepat mungkin. Adapun faktor yang paling dominan mempengaruhi kepuasan nasabah dalam pelayanan di Bank Muamalat KCP Ponorogo yaitu faktor kepercayaan dan fasilitas.