pengaruh komunikasi verbal dan nonverbal guru terhadap motiasi belajar siswa kelas ix mts ar-roman tegalreo

Main Author: Dwi Aminah, Rosi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainponorogo.ac.id/7581/1/rosi%20-%20211015038.pdf
http://etheses.iainponorogo.ac.id/7581/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rosi Dwi Aminah.2019. Pengaruh Komunikasi Verbal dan Nonverbal Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IX di MTs Ar-Rohman Tegalrejo.skripsi. Komunikasi Penyiaran Islam, Ushuluddin Adab dan Dakwah. Dr. Muh Tasrif, M.Ag Skripsi ini membahas tentang pengaruh komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal guru terhadap motivasi belajar siswa kelas IX di MTs Ar-Rohman Tegalrejo. Penelitian ini di latar belakangi oleh suatu komunikasi verbal dan nonverbal yang dilakukan oleh guru dalam proses belajar mengajar yang kemungkinan dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Semua orang berinteraksi menggunakan komunikasi, baik itu komunikasi verbal maupun komunikasi nonverbal. Begitu juga dalam proses belajar mengajar seorang guru berinteraksi dengan siswa menggunakan komunikasi verbal dan nonverbal. Efektif dan tidaknya komunikasi tersebut dipengaruhi oleh faktor guru itu sendiri. Komunikasi akan menjadi efektif jika ada feedback dari komunikator. Di dalam kelas guru berperan penting dalam memotivasi siswanya. Guru memberi motivasi dengan berkomunikasi aktif dengan siswa. Ketika berinteraksi secara tidak langsung orang akan menggunakan komunikasi verbal maupun nonverbal. Karena keduanya ini saling bersangkutan. Lancar dan tidaknya suatu komunikasi membawa akibat terhadap pesan yang disampaikan. Untuk mencapai interaksi belajar mengajar perlu adanya komunikasi yang jelas antara guru (komunikator) dengan siswa (komunikan). Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Adakah pengaruh komunikasi verbal guru terhadap motivasi belajar siswa kelas 9 mts ar rohman tegalrejo. Serta adakah pengaruh komunikasi nonverbal guru terhadap motivasi belajar kelas IX di MTs Ar-Rohman Tegalrejo. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode kuantitatif dengan Teknik statistic yang di gunakan adalah analisis regresi ganda dua prediktor yang bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal guru terhadap motivasi belajar kelas IX di MTs Ar-Rohman Tegalrejo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket. Metode angket digunakan untuk mengetahui tingkat komunikasi verbal dan nonverbal antara guru dengan siswa dan motivasi belajar siswa. Kesimpulan akhir pada penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh komunikasi verbal dan nonverbal guru terhadap motivasi belajar siswa kelas IX di MTs Ar-Rohman Tegalrejo. Dan berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa komunikasi dalam bidang oendidikan itu sangat penting dan berpengaruh baik terhadap motivasi belajar peserta didik.