peran kepala sekolah dalam meningkatkan etos kerja guru pai studi kasus di smkn 1 ponorogo tahun pelajaran 2018/2019

Main Author: Nurul Hidayati, Binti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainponorogo.ac.id/7542/1/Binti%20Nurul%20Hidayati%20%28211215025%29.pdf
http://etheses.iainponorogo.ac.id/7542/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Hidayati, Binti Nurul. 2019, Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Etos Kerja Guru PAI Studi Kasus di SMKN 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Ponorogo. Pembimbing Dr. AB Musyafa’ Fathoni, M.Pd.I. Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Etos Kerja Guru PAI. Kepala sekolah sangat berperan penting dalam menentukan kualitas sumber daya manusia (SDM), ketercapaian tujuan pendidikan sangat bergantung pada kecapakan dan kebijaksanaan kepala sekolah sebagai pimpinan. Berdasarkan uraian di atas, peneliti bermaksud mengadakan penelitian dengan rumusan masalah: (1) Bagaimana Peran Kepala Sekolah sebagai Leader dalam Meningkatkan Etos Kerja Guru PAI di SMKN 1 Ponorogo, (2) Bagaimana Peran Kepala Sekolah Seabagai Supervisor dalam Meningkatkan Etos Kerja Guru PAI di SMKN 1 Ponorogo dan, (3) Bagaimana Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator dalam Meningkatkan Etos Kerja Guru PAI di SMKN 1 Ponorogo . Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data, display data dan pengambilan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Peran Kepala Sekolah sebagai Leader dalam 3 Meningkatkan Etos Kerja Guru PAI di SMKN 1 Ponorogo adalah dengan (a) kepala sekolah memberikan hasil pencapaian visi misi, dan bersiap membantu meningkatkan etos kerja guru PAI, (b) menjadi teladan bagi seluruh warga sekolah dengan menerapkan disiplin waktu, berpakaian maupun bersikap, (c) kepala sekolah mengadakan evaluasi atau rapat untuk mempertahankan eksistensi sekolah sehingga prestasi sekolah harus dijaga dan terus ditingkatkan baik oleh guru maupun siswanya. (2) Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Etos Kerja Guru PAI di SMKN 1 Ponorogo adalah dengan (a) kepala sekolah melaksanakan pemantauan dengan berkunjung ke kelas 1 minggu 2 kali, (b) melakukan observasi untuk mencermati kejadian yang ada di kelas maupun luar kelas, (c) memberikan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru PAI. (3) Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator dalam Meningkatkan Etos Kerja Guru PAI, adalah dengan (a) kepala sekolah harus memiliki strategi yang tepat untuk memberikan motivasi kepada para guru dalam melakukan berbagai tugas dan fungsinya, serta (b) dalam meningkatkan semangat kerja dan meningkatkan kedisiplinan karena kedisiplinan merupakan suatu keadaan tertib, karena orangorang yang tergabung dalam suatu organisasi tunduk dan taat pada peraturan serta dilaksanakan dengan senang hati.