efektivitas program adiwiyata dalam meningkatkan budaya sekolah berwawasan lingkungan di sma negeri 1 mejayan tahun ajaran 2018/2019

Main Author: Rahmandani, Dyana Qurni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainponorogo.ac.id/7536/1/BAB1-SLESAI%20BRU-dikonversi.pdf
http://etheses.iainponorogo.ac.id/7536/
Daftar Isi:
  • Rahmandani, Dyana Qurnia 2019. Efektivitas program adiwiyata dalam meningkatkan budaya sekolah berwawasan lingkungan di SMA Negeri 1 Mejayan Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Arif Rahman Hakim, M,Pd. Kata Kunci: Program adiwiyata dan budaya sekolah yang berwawasan lingkungan Pada hakikatnya, program adiwiyata adalah program pemerintah untuk sekolah yang berwawasan lingkungan yang menyediakan tempat yang baik dan ideal bersih dan nyaman untuk digunakan pembelajaran sekolah. Seorang siswa harus memiliki karakter peduli dan berwawasan lingkungan agar terbiasa hidup bersih dan sehat, serta dapat menciptakan lingkungan yang kondusif untuk kegiatan sehari – hari, dengan lingkungan yang kondusif akan tercipta proses pembelajaran yang bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk menjelaskan perencanaan dan pelaksanaan program Adiwiyata di SMA Negeri 1 Mejayan (2) untuk mendeskripsikan efektifitas program adiwiyata guna meningkatkan budya sekolah. Jenis Penelitian pada skripsi ini berupa studi kasus, dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data – data yang dibutuhkan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data dengan model Miles and Huberman yang meliputi : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisa penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1) Perencanaan program adiwiyata di SMA Negeri 1 Mejayan meliputi empat aspek a) kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan. b) kurikulum berbasis lingkungan. c) Kegiatan berbasis partisipatif artinya seluruh warga sekolah ikut berpartisipatif di dalam program adiwiyata. Dengan adanyan rencana kerja atau kelompok kerja dapat meningkatkan upaya peningkatan prestasi peserta didik dan dapat berperan dalam berbagai kegiatan akademik maupun non akademik..(2) Pelaksanaan program adiwiyata mengacu pada empat komponen yaitu a)Pengembangan kebijakan berwawasan lingkungan. b) Kurikulum berbasis lingkungan. c) Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif. d) Pengelolaan sarana dan prasaran ramah lingkungan. (3) pelaksanaan adiwiyata di SMA Negeri 1 Mejayan sudah efektif, karena semua kegiatan yang dicangkan dalam empat program adiwiyata dapat di implementasikan oleh keseluruhan warga sekolah.