analisis pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menggunakan jasa perbankan syariah (studi pada nasabah bank muamalat kcp ponorogo)

Main Author: Patra, Citra Cleo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainponorogo.ac.id/7529/1/CITRA%20CLEO%20PATRA.pdf
http://etheses.iainponorogo.ac.id/7529/
Daftar Isi:
  • Patra, Citra Cleo. 2019. Analisis Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Perbankan Syariah (Studi pada Nasabah Bank Muamalat KCP Ponorogo). Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ika Susilawati, M.M. Kata Kunci: Periklanan, Marketing, Nasabah Keputusan merupakan proses akhir dari seseorang setelah melakukan berbagai macam tahapan. Dalam proses keputusan menggunakan jasa perbankan syariah dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya promosi dan kualitas pelayanan. Promosi merupakan arus informasi yang dibuat untuk mengarahkan seseorang melakukan tindakan pertukaran dalam pemasaran. Sedangkan kualitas pelayanan mempengaruhi keputusan konsumen dan merupakan faktor pendorong dalam proses pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 5.089 nasabah, sedangkan yang menjadi sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi, uji multikolinearitas, dan uji linearitas), uji t, uji F, dan uji R2 dengan promosi dan kualitas pelayanan sebagai variabel independen dan keputusan menggunakan jasa perbankan syariah sebagai variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa perbankan syariah yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 14,756 > 1,98472. Kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa perbankan syariah yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 13,967 > 1,98472. (3) Secara simultan promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa perbankan syariah yang dibuktikan dari uji F yaitu Fhitung > Ftabel yaitu 108,595 > 3,09. Hasil R2 adalah 0,691 hal tersebut berarti 69,1% variabel keputusan menggunakan jasa perbankan syariah dipengaruhi oleh variabel promosi dan kualitas pelayanan, sedangkan 30,9% variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.