Analisis Strategi Pemasaran Pada Aplikasi Mobile Banking di BRI Syariah Kantor Cabang Madiun

Main Author: Khasanah, Ariana Uswatun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainponorogo.ac.id/7445/1/SKRIPSI%20ARIANA.pdf
http://etheses.iainponorogo.ac.id/7445/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Khasanah, Ariana Uswatun, 2019. Analisis Strategi Pemasaran Pada Aplikasi Mobile Banking di Bank BRI Syariah Kantor Cabang Madiun. Jurusan Perbankan Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ruliq Suryaningsih, M.Pd. Kata kunci : Segmentasi Pasar, Target Pasar, Posisi Pasar, Bauran Pemasaran. BRI Syariah KC Madiun merupakan salah satu lembaga perbankan syariah yang memiliki aplikasi mobile banking. Aplikasi tersebut sebagai bentuk layanan BRI Syariah guna mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi dimanapun dan kapanpun. Meskipun aplikasi mobile banking sangat bermanfaat bagi nasabah, namun masih ada yang belum memakai aplikasi tersebut. Masalah inilah yang menjadi tantangan besar bagi BRI Syariah KC Madiun untuk memasarkan layanan aplikasi mobile banking lebih baik lagi. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengkaji tentang strategi pemasaran aplikasi mobile banking di BRI Syariah KC Madiun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi segmentasi pasar yang dilakukan oleh pihak bank BRI Syariah KC Madiun pada aplikasi mobile banking? Bagaimana penentuan target pasar sasaran yang dilakukan oleh pihak bank BRI Syariah KC Madiun pada aplikasi mobile banking? Bagaimana penetapan posisi pasar yang dilakukan oleh pihak bank BRI Syariah KC Madiun pada aplikasi mobile banking? Bagaimana penerapan bauran pemasaran yang dilakukan oleh pihak BRI Syariah KC Madiun pada aplikasi mobile banking? Didalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian (field research), teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya, analisis data menggunakan metode deduktif yang menekankan pada pengamatan dahulu, lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut. Data yang menjadi sumber adalah data-data dari pihak BRI Syariah KC Madiun mengenai strategi pemasaran aplikasi mobile banking. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh BRI Syariah KC Madiun pada aplikasi mobile banking adalah (1) Segmentasi pasar berdasarkan segmentasi geografis, segmentasi demografis, segmentasi psikografis dan segmentasi perilaku. (2) Penetapan target pasar ialah semua nasabah yang memiliki tabungan. (3) Penetapan posisi pasar yaitu dengan mengembangkan fitur-fitur pada aplikasi mobile banking. (4) Penerapan bauran pemasaran adalah harga yang terjangkau sesuai dengan pasar pada umumnya dan tempat aplikasi mobile banking dapat diakses dimanapun dan kapanpun serta promosi melalui website, instagram, event-event tertentu, dan pemberitahuan langsung face to face antara customer service dan funding officer kepada nasabah.