Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Agen Asuransi di PT. Prudential Life Assurance Ponorogo

Main Author: Kusuma, Devana Adila
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainponorogo.ac.id/7191/1/Pengaruh%20Motivasi%20Dan%20Kepuasan%20Kerja%20Terhadap%20Kinerja%20Agen%20Asuransi.pdf
http://etheses.iainponorogo.ac.id/7191/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Devana Adila Kusuma. 2019. Pengaruh Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Agen Asuransi Di PT. Prudential Life Assurance Ponorogo. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ruliq Suryaningsih, M.Pd. Kata Kunci: Target, Supervisi, Pelatihan, Reward Kinerja karyawan dipengaruhi beberapa faktor, menurut Handoko, salah satunya disebutkan motivasi dan kepuasan kerja. Prudential dalam memberikan reward, bonus trip dan adanya promosi jenjang karir ialah untuk meningkatkan kepuasan kerja pada agen. Kepuasan kerja yang baik pada agen dibuktikan dengan hasil wawancara bahwa agen merasa senang mendapatkan reward, bonus trip, dan adanya jenjang karir menjadi seorang leader agen, dengan pemberian reward dan bonus trip seorang agen merasa berhasil dapat mencapai target dan bangga termasuk menjadi agen berprestasi. Kemudian hasil wawancara selanjutnya, Prudential juga mementingkan peningkatan motivasi agen dengan mengadakan pelatihan M3, pada hasil observasi, banyak para agen yang mengikuti pelatihan tersebut. Hal tersebut dapat menentukan bahwa para agen mempunyai motivasi yang baik, dengan hasil wawancara menyatakan setelah mengikuti pelatihan tersebut, terdapat motivasi yang baik pada agen, dengan para agen selalu berusaha ingin mencari nasabah dalam mencapai taget. Namun, dengan disimpulkan motivasi dan kepuasan kerja dalam kategori baik, hasil wawancara lebih lanjut, kinerja pada agen masih kurang maksmimal, karena adanya agen pasif yaitu yang tidak selalu berproduksi, tidak mencapai target, ataupun dinon aktifkan karena tidak berproduksi dalam jangka waktu 6 bulan dengan berbagai alasan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja agen asuransi di PT. Prudential Life Assurance Ponorogo, apakah kepuasan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja agen asuransi di PT. Prudential Life Assurance Ponorogo, apakah motivasi dan kepuasan kerja secara simultan berpengaruh signifkan terhadap kinerja agen asuransi di PT. Prudential Life Assurance Ponorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling berjumlah 100 responden. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan kuesioner. Metode analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji R2, dan uji hipotesis yang terdiri dari uji t, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan: Motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja agen asuransi di PT. Prudential Life Assurance Ponorogo yang dibuktikan dengan nilai thitung 4,419 > ttabel 1,985. Kepuasan Kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja agen asuransi di PT. Prudential Life Assurance Ponorogo yang dibuktikan dengan nilai thitung 2,295 > 1,985. Secara simultan motivasi dan kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap terhadap kinerja agen asuransi di PT. Prudential Life Assurance Ponorogo yang dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 33,219 > Ftabel 3,09.