implementasi metode outdoor learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di smpn 1 mlarak ponorogo

Main Author: Ilmi, Asis Rosikhul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainponorogo.ac.id/7182/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://etheses.iainponorogo.ac.id/7182/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ilmi, Asis Rosikhul. 2019. Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Mlarak Ponorogo. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Nurul Khasanah, M.Pd. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Metode Outdoor Learning Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masalah proses pembelajaran yang kurang menarik dan menyenangkan, sehingga siswa merasa bosan, jenuh, dan kurang minat atau bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini disebabkan karena seorang guru ketika pembelajaran berlangsung hanya menggunakan metode ceramah dan menoton. Sehingga dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung masih belum maksimal dan berdampak pada hasil belajar siswa yang masih dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan metode outdoor learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kecamatan Mlarak Ponorogo. Untuk mengungkap penjelasan diatas, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut ; (1) Bagaimana Implementasi outdoor learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 MLARAK ? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi outdoor learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 MLARAK? (3) Bagaimana dampak metode outdoor learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 MLARAK? Untuk menjawab permasalahan diatas, penelitian ini disusun dengan menggunakan penelitian kualitatif (studi kasus), dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian, teknik dalam analisis data adalah reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi, serta model berfikir yang digunakan adalah induktif. Adapun partisipan dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMP Negeri 1 Mlarak. Dari hasil analisa penelitian ini, ditemukan bahwa (1) Pelaksanaan metode outdoor learning membuat siswa kelas VIIA lebih aktif dan menumbuhkan keberanian. Siswa menggali sendiri pengetahuannya dengan cara mengamati dan bertanya kepada teman maupun guru. Tahap penyelesaian atau tindak lanjut dari pelaksanaan outdoor learning adalah berupa evaluasi dan pemahaman dalam materi yang mereka pelajari. Tindak lanjut dalam pelaksanaan outdoor learning mereka melakukan diskusi perkelompok dan dipresentasikan didepan kelas. (2) Faktor yang mendukung implementasi outdoor learning ini adalah adanya tindak lanjut dari seluruh pihak sekolah untuk saling bahu-membahu di dalam mewujudkan dan mensukseskan metode outdoor learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu dari segi sarana dan prasarana yang memadai yang dimiliki oleh sekolah juga sangat membatu lancarnya proses pembelajaran pada mata pelajaran PAI khususnya dan mata pelajaran yang lain pada umumnya. (3) Dampak metode outdoor learning terhadap motivasi adalah mampu meningkatkan semangat atau motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan semangat belajar anak dan prestasi siswa juga meningkat. Hal ini juga diperkuat dengan adanya tanggapan siswa yang mengatakan suka dengan metode outdoor learning pada mata pelajaran PAI.