partisipasi paguyuban wali murid dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas v sdn 2 tonatan ponorogo

Main Author: Lestari, Indah Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainponorogo.ac.id/7146/1/UPLOAD.pdf
http://etheses.iainponorogo.ac.id/7146/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Lestari, Indah Dwi. 2019. Partisipasi Paguyuban Wali Murid dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN 2 Tonatan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Moh. Miftachul Choiri, MA. Kata Kunci: partisipasi wali murid, hasil belajar siswa Partisipasi merupakan pelibatan seseorang atau beberapa orang dalam suatu kegiatan. Proses pelaksanaan partisipasi paguyuban wali murid yang dilakukan di sekolah dasar memiliki peranan penting dalam membantu peserta didik dalam hasil belajarnya, maka seorang guru harus mampu menjalin kerja sama dengan wali murid. Tanpa adanya kerja sama yang baik antara sekolah dan wali murid, maka pendidikan anak tidak akan optimal. Penelitian ini berupaya mendeskripsikan upaya partisipasi paguyuban wali murid di SDN 2 Tonatan ponorogo Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui upaya yang dilakukan paguyuban wali murid dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V SDN 2 Tonatan Ponorogo (2) untuk mengetahui faktor pendukung partisipasi paguyuban wali murid dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V SDN 2 Tonatan Ponorogo (3) Untuk mengetahui faktor penghambatan partisipasi paguyuban wali murid dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V SDN 2 Tonatan Ponorogo Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik interaktif Milles dan Huberman yang tahapannya: reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Adapun hasilnya adalah (1) upaya yang dilakukan paguyuban wali murid dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V SDN 2 Tonatan Ponorogo yaitu menjalin komunikasi yang baik antara wali murid dengan sekolah atau wali kelas melalui pertemuan rutin setiap bulan, pengadaan sarana dan prasarana, memberikan arahan tentang pentingnya belajar, membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar, menyediakan fasilitas belajar siswa, memberi stimulus atau motivasi, (2) faktor pendukung partisipasi paguyuban wali murid dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V SDN 2 Tonatan yaitu loyalitas wali murid dalam patisipasi fisik maupun nonfisik. (3) faktor penghambatan partisipasi paguyuban wali murid dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V SDN 2 Tonatan Ponorogo yaitu , kurangnya kesadaran wali murid akan pentingnya pendidikan dan perkembangan belajar anak.