pengaruh pengetahuan konsumen dan periklanan terhadap keputusan nasabah menabung pada bri syariah kcp ponorogo

Main Author: Sholihah, Seima Maratus
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainponorogo.ac.id/7076/1/SEIMA%20MARATUS%20SHOLIHAH.pdf
http://etheses.iainponorogo.ac.id/7076/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Sholihah, Seima Maratus. 2019. “Pengaruh Pengetahuan Konsumen dan Periklanan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Pada BRI Syariah KCP Ponorogo.” Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Dr. Hj. Shinta Maharani, M. Ak. Kata Kunci: Produk, Media dan Keputusan Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pengetahuan konsumen dan periklanan, seringkali seseorang yang menginginkan produk harus memiliki pengetahuan yang baik dan usaha-usaha untuk mempengaruhi konsumen melalui iklan. Dengan demikian periklanan harus dapat mempengaruhi pemilihan dalam keputusan konsumen. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data primer. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode kuisioner. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah BRI Syariah KCP Ponorogo yang meliputi Pengetahuan Konsumen, Periklanan dan keputusan nasabah. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, regresi linier ganda dengan tingkat signifikansi 5% dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini diolah dengan program SPSS Versi 21 for Window. Dari penelitian inidapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil uji analisis memberikan hasil bahwa secara parsial (Uji t) variabel pengetahuan konsumen (X1) dengan nilai signifikansi sebesar 0,046 < 0,05 sehingga variabel pengetahuan konsumen berpengaruh secara parsial terhadap variabel keputusan nasabah menabung pada BRI Syariah KCP Ponorogo. Variabel periklanan (X2) dengan nilai signifikansi sebesar 0,017 < 0,05 sehingga variabel periklanan berpengaruh secara parsial terhadap variabel keputusan nasabah menabung pada BRI Syariah KCP Ponorogo. Secara simultan (Uji F) menunjukkan bahwa variabel pengetahuan konsumen (X1) dan periklanan (X2) secara simultan berpengaruh terhadap keputusan nasabah. Hal ini dibuktikan nilai signifikansi 0,002 < 0,05 sehingga pengetahuan konsumen dan periklanan berpengaruh simultan (bersama-sama) terhadap keputusan nasabah menabung pada BRI Syariah KCP Ponorogo.