peran guru dalam mengembangkan variasi pembelajaran tematik di sdn i jenangan ponorogo

Main Author: Purwanti, Endang
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainponorogo.ac.id/7066/1/Endang%20Purwanti.pdf
http://etheses.iainponorogo.ac.id/7066/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Purwanti. Endang 2019. Peran Guru dalam Mengembangkan Variasi Pembelajaran Tematik di Sdn I Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidhaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Moh. Mukhlas, M. Pd. Kata Kunci: Guru dan Variasi Pembelajaran. Keterampilan mengadakan variasi dalam pelaksanaan pembelajaran masih dalam tahap penggunaan fasilitas dan media yang ada sesuai dengan kurikulum yang digunakan saat ini. Akan tetapi sampai saat ini guru dalam menggunakan media yang tersedia di sekolahan masih kurang. Karena guru masih banyak menggunakan metode ceramah. Selain itu peserta didik masih cenderung memilih dijelaskan dalam memahami materi tanpa adanya penggunaan metode atau strategi yang tersedia di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan upaya guru sebagai educator dalam mengembangkan variasi pembelajaran tematik di SDN I Jenangan.(2) Untuk mendeskripsikan upaya guru sebagai motivator dalam mengembangkan pembelajaran tematik di SDN I Jenangan. (3) Untuk mendeskripsikan upaya guru sebagai fasilitator dalam mengembangkan pembelajaran tematik di SDN I Jenangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, adapun teknik analisisnya, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.