penerapan model pembelajaran team games tournament (tgt) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas iv pembelajaran tematik di mi thoriqul huda ngrawan dolopo madiun)

Main Author: Riana, Qorik Mei
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainponorogo.ac.id/7048/1/UPLOAD_PDF%5B1%5D.pdf
http://etheses.iainponorogo.ac.id/7048/
Daftar Isi:
  • Riana, Qorik Mei. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas IV Pembelajaran Tematik di MI Thoriqul Huda Ngrawan Dolopo Madiun). Skripsi.Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Faninda Novika Pertiwi, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT), Keaktifan, Hasil Belajar. Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada murid.Namun, di madrasah ini masih banyak murid yang belum memaknai dan belum bisa mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari dikarenakan guru kurang kreatif dalam menerapkan metode/model pembelajaran sehingga keaktifan dan hasil belajar siswa masih rendah.Untuk membantu guru dalam mengatasi hal tersebut, penerapan model pembelajaran koperatif tipe Team Games Tournament (TGT) cocok digunakan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) kelas IV pada pembelajaran tematik di MI Thoriqul Huda Ngrawan Dolopo Madiun dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) kelas IV pada pembelajaran tematik di MI Thoriqul Huda Ngrawan Dolopo Madiun. Penelitian ini dirancang melalui penelitian tindakan kelas dengan model empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan di kelas IV MI Thoriqul Huda.Ada 19 siswa dalam satu kelas dengan jumlah siswa laki-laki 15 orang dan jumlah siswa perempuan 4 orang.Penelitian ini menggunakan 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan siswa. Pada siklus I siswa yang masuk pada kategori sangat baik keaktifannya sebanyak 10,5%, kategori baik 26,4%, kategori kurang baik 52,6%, dan kemudian untuk kategori tidak baik 10,5%. Pada siklus II banyaknya siswa yang aktif untuk kategori sangat baik naik menjadi 31,6%, kategori baik menjadi 57,9%, kurang baik 10,5%, dan kategori untuk kategori tidak baik tidak ada. Banyaknya siswa yang kurang aktif di siklus I dipicu oleh faktor pemahaman siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang masih rendah.Model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I prosentase hasil belajar siswa hanya 47,4% yang tuntas hasil belajarnya, sedangkan sebanyak 52,6% siswa belum tuntas. Pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa mengalami kenaikan dengan prosentase 100%, atau seluruh siswa berhasil dalam meningkatkan hasil belajarnya. Pada siklus II ini siswa sudah mampu memahami penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT sehingga keaktifan dan hasil belajar siswa tercapai dengan maksimal.