upaya guru pendidikan agama islam mengatasi kesulitan belajar membaca al-qur'an (studi kasus di sma muhammadiyah 1 ponorogo 2018/2019)

Main Author: Hadiansyah, April
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainponorogo.ac.id/7029/1/cover.pdf
http://etheses.iainponorogo.ac.id/7029/
ctrlnum 7029
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainponorogo.ac.id/7029/</relation><title>upaya guru pendidikan agama islam mengatasi kesulitan belajar membaca al-qur'an (studi kasus di sma muhammadiyah 1 ponorogo 2018/2019)</title><creator>Hadiansyah, April</creator><subject>139999 Education not elsewhere classified</subject><description>ABSTRAK&#xD; Hadiansyah, April. 2019. Upaya Guru PAI Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur&#x2019;an (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguran Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Ju&#x2019;subaidi, M.Ag&#xD; KATA KUNCI : GURU, KESULITAN BELAJAR&#xD; Dalam proses pembelajaran di sekolah baik guru maupun siswa pasti mengharapkan agar mencapai hasil yang sebaik-baiknya. Guru mengharapkan agar siswa berhasil dalam belajarnya, dan siswa mengharapkan guru dapat mengajar dengan baik, sehingga mereka memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Dalam kenyataan harapan itu tidak selalu terwujud, masih banyak siswa yang tidak memperoleh hasil yang memuaskan. Kesulitan dalam belajar siswa merupakan suatu gejala yang selalu dihadapi oleh guru, karena guru bertanggung jawab untuk mengatasinya. Di dalam pembelajaran masih terdapat keluhan dari guru pendidikan agama islam bahwa beberapa siswa belum bisa membaca Al-Qur&#x2019;an dan dari hasil penelitian adapun faktor kesulitan belajar membaca Al-Qur&#x2019;an yang dialami siswa yaitu kurangnya murojaah, kurangnya latihan dan bimbingan orang tua saat di rumah.&#xD; Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan kesulitan belajar membaca Al-Qur&#x2019;an yang dialami siswa di SMA Muahmmadiyah 1 Ponorogo, (2) Upaya apa yang dilakukan guru PAI di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur&#x2019;an.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil objek di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo Teknik analisis menggunakan reduction, display, dan conclution. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.&#xD; Hasil penelitian ini adalah: 1) Kesulitan belajar membaca Al-Qur&#x2019;an yang dialami siswa di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo yaitu kelancaran dalam membaca Al-qur&#x2019;an, memahami perubahan bentuk huruf hijaiyah yang bersambung, menerapkan hukum bacaan tajwid tentang mad tobi&#x2019;i. 2) Upaya yang dilakukan guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur&#x2019;an yaitu dengan pembiasaan, pendekatan dan mengadakan pelatihan dalam membaca Al-Qur&#x2019;an dengan beberapa tahapan yang dimulai dari pengenalan terhadap huruf, pelatihan penulisan huruf, pengenalan tanda baca dan bimbingan dalam membaca maupun memahami hukum bacaan mad tabi&#x2019;i.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainponorogo.ac.id/7029/1/cover.pdf</identifier><identifier> Hadiansyah, April (2019) upaya guru pendidikan agama islam mengatasi kesulitan belajar membaca al-qur'an (studi kasus di sma muhammadiyah 1 ponorogo 2018/2019). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo. </identifier><recordID>7029</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Hadiansyah, April
title upaya guru pendidikan agama islam mengatasi kesulitan belajar membaca al-qur'an (studi kasus di sma muhammadiyah 1 ponorogo 2018/2019)
publishDate 2019
topic 139999 Education not elsewhere classified
url http://etheses.iainponorogo.ac.id/7029/1/cover.pdf
http://etheses.iainponorogo.ac.id/7029/
contents ABSTRAK Hadiansyah, April. 2019. Upaya Guru PAI Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguran Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Ju’subaidi, M.Ag KATA KUNCI : GURU, KESULITAN BELAJAR Dalam proses pembelajaran di sekolah baik guru maupun siswa pasti mengharapkan agar mencapai hasil yang sebaik-baiknya. Guru mengharapkan agar siswa berhasil dalam belajarnya, dan siswa mengharapkan guru dapat mengajar dengan baik, sehingga mereka memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Dalam kenyataan harapan itu tidak selalu terwujud, masih banyak siswa yang tidak memperoleh hasil yang memuaskan. Kesulitan dalam belajar siswa merupakan suatu gejala yang selalu dihadapi oleh guru, karena guru bertanggung jawab untuk mengatasinya. Di dalam pembelajaran masih terdapat keluhan dari guru pendidikan agama islam bahwa beberapa siswa belum bisa membaca Al-Qur’an dan dari hasil penelitian adapun faktor kesulitan belajar membaca Al-Qur’an yang dialami siswa yaitu kurangnya murojaah, kurangnya latihan dan bimbingan orang tua saat di rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan kesulitan belajar membaca Al-Qur’an yang dialami siswa di SMA Muahmmadiyah 1 Ponorogo, (2) Upaya apa yang dilakukan guru PAI di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil objek di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo Teknik analisis menggunakan reduction, display, dan conclution. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Kesulitan belajar membaca Al-Qur’an yang dialami siswa di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo yaitu kelancaran dalam membaca Al-qur’an, memahami perubahan bentuk huruf hijaiyah yang bersambung, menerapkan hukum bacaan tajwid tentang mad tobi’i. 2) Upaya yang dilakukan guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an yaitu dengan pembiasaan, pendekatan dan mengadakan pelatihan dalam membaca Al-Qur’an dengan beberapa tahapan yang dimulai dari pengenalan terhadap huruf, pelatihan penulisan huruf, pengenalan tanda baca dan bimbingan dalam membaca maupun memahami hukum bacaan mad tabi’i.
id IOS3208.7029
institution STAIN Ponorogo
institution_id 128
institution_type library:university
library
library Perpustakaan STAIN Ponorogo
library_id 409
collection Digital Library STAIN Ponorogo
repository_id 3208
subject_area Kesusastraan
Masalah Sosial
Pendidikan
city PONOROGO
province JAWA TIMUR
repoId IOS3208
first_indexed 2019-08-11T22:11:36Z
last_indexed 2019-09-03T01:15:30Z
recordtype dc
_version_ 1766058154313908224
score 17.538404