peran pendidikan entrepreneur dalam membangun kreativitas dan kemandirian siswa (studi kasus di madrasah ibtidaiyah terpadu qurrota a’yun ponorogo)
Main Author: | Afifah, Dian Nurul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etheses.iainponorogo.ac.id/7022/1/upload%20siap.pdf http://etheses.iainponorogo.ac.id/7022/ |
ctrlnum |
7022 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainponorogo.ac.id/7022/</relation><title>peran pendidikan entrepreneur dalam membangun kreativitas dan kemandirian siswa (studi kasus di madrasah ibtidaiyah terpadu qurrota a’yun ponorogo)</title><creator>Afifah, Dian Nurul</creator><subject>139999 Education not elsewhere classified</subject><description>ABSTRAK

Afifah, Dian Nurul, Peran Pendidikan Entrepreneur Dalam Membangun Kreativitas Dan Kemandirian Siswa (Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Qurrota A’yun Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. IAIN Ponorogo. Pembimbing Ali Ba’ul Chusna, M.S.I.
Kata Kunci: Pendidikan Entrepreneur, Kreativitas, Kemandirian
Kreatif dan mandiri merupakan dua hal yang harus dimiliki seseorang yang berjiwa entrepreneur sejak dini. Oleh karena itu, salah satu sekolah di Ponorogo yaitu Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Qurrota A’yun menerapkan pendidikan entrepreneur guna menghadapi tantangan generasi muda Indonesia pada bidang ekonomi dan globalisasi yang semakin pesat. 
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses penerapan pendidikan entrepreneur di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Qurrota A’yun Ponorogo dalam membangun kreativitas dan kemandirian siswa, (2) mengetahui hasil evaluasi keberhasilan pendidikan entrepreneur di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Qurrota A’yun Ponorogo dalam membangun kreativitas dan kemandirian siswa, (3) mengetahui dampak pendidikan entrepreneur di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Qurrota A’yun Ponorogo dalam membangun kreativitas siswa, (4) mengetahui dampak pendidikan entrepreneur di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Qurrota A’yun Ponorogo dalam membangun kemandirian siswa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang bersifat analitis deskriptif. Dalam penggumpulan data, menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik model Miles and Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil dari penelitian adalah: (1) Proses penerapan pendidikan entrepreneur dalam membangun kreativitas dan kemandirian siswa Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Qurrota A’yun Ponorogo, memiliki tiga langkah atau proses penerapan, yaitu pertama melalui mata pelajaran entrepreneur dimulai dari kelas I, kedua yaitu adanya market day secara bergiliran bagi siswa kelas I dan II, dan yang ketiga adanya bussines day yang telah dijadikan agenda rutin setiap 6 bulan sekali, (2) Hasil evaluasi keberhasilan pendidikan entrepreneur dalam membangun kreativitas dan kemandirian siswa Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Qurrota A’yun Ponorogo berdasarkan hasil wawancara dinyatakan dengan adanya penyampaian kepuasan dari wali murid melihat perubahan perkembangan sikap belajar siswa yang semakin kreatif dan mandiri ketika diberikan tugas dari guru. Selain itu, hasil evaluasi keberhasilan pendidikan entrepreneur juga dapat dilihat berdasarkan pada nilai mata pelajaran entrepreneur siswa, (3) Pendidikan entrepreneur sangat berdampak dalam membangun kreativitas siswa Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Qurrota A’yun Ponorogo. Dapat dilihat dari hasil kreativitas yang mereka buat, dan kemampuan berfikir kreatif mereka pada saat pembelajaran maupun praktik entrepreneur berlangsung, (4) Pendidikan entrepreneur sangat berdampak dalam membangun kemandirian siswa Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Qurrota A’yun Ponorogo, yang nampak dari kemampuan siswa pada saat menjual produk jualannya hingga habis tanpa meminta bantuan dari guru, meskipun tetap dalam pengawasan guru pada saat praktik berlangsung.</description><date>2019-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainponorogo.ac.id/7022/1/upload%20siap.pdf</identifier><identifier> Afifah, Dian Nurul (2019) peran pendidikan entrepreneur dalam membangun kreativitas dan kemandirian siswa (studi kasus di madrasah ibtidaiyah terpadu qurrota a’yun ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO. </identifier><recordID>7022</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Afifah, Dian Nurul |
title |
peran pendidikan entrepreneur dalam membangun kreativitas dan kemandirian siswa (studi kasus di madrasah ibtidaiyah terpadu qurrota a’yun ponorogo) |
publishDate |
2019 |
topic |
139999 Education not elsewhere classified |
url |
http://etheses.iainponorogo.ac.id/7022/1/upload%20siap.pdf http://etheses.iainponorogo.ac.id/7022/ |
contents |
ABSTRAK
Afifah, Dian Nurul, Peran Pendidikan Entrepreneur Dalam Membangun Kreativitas Dan Kemandirian Siswa (Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Qurrota A’yun Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. IAIN Ponorogo. Pembimbing Ali Ba’ul Chusna, M.S.I.
Kata Kunci: Pendidikan Entrepreneur, Kreativitas, Kemandirian
Kreatif dan mandiri merupakan dua hal yang harus dimiliki seseorang yang berjiwa entrepreneur sejak dini. Oleh karena itu, salah satu sekolah di Ponorogo yaitu Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Qurrota A’yun menerapkan pendidikan entrepreneur guna menghadapi tantangan generasi muda Indonesia pada bidang ekonomi dan globalisasi yang semakin pesat.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses penerapan pendidikan entrepreneur di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Qurrota A’yun Ponorogo dalam membangun kreativitas dan kemandirian siswa, (2) mengetahui hasil evaluasi keberhasilan pendidikan entrepreneur di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Qurrota A’yun Ponorogo dalam membangun kreativitas dan kemandirian siswa, (3) mengetahui dampak pendidikan entrepreneur di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Qurrota A’yun Ponorogo dalam membangun kreativitas siswa, (4) mengetahui dampak pendidikan entrepreneur di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Qurrota A’yun Ponorogo dalam membangun kemandirian siswa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang bersifat analitis deskriptif. Dalam penggumpulan data, menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik model Miles and Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil dari penelitian adalah: (1) Proses penerapan pendidikan entrepreneur dalam membangun kreativitas dan kemandirian siswa Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Qurrota A’yun Ponorogo, memiliki tiga langkah atau proses penerapan, yaitu pertama melalui mata pelajaran entrepreneur dimulai dari kelas I, kedua yaitu adanya market day secara bergiliran bagi siswa kelas I dan II, dan yang ketiga adanya bussines day yang telah dijadikan agenda rutin setiap 6 bulan sekali, (2) Hasil evaluasi keberhasilan pendidikan entrepreneur dalam membangun kreativitas dan kemandirian siswa Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Qurrota A’yun Ponorogo berdasarkan hasil wawancara dinyatakan dengan adanya penyampaian kepuasan dari wali murid melihat perubahan perkembangan sikap belajar siswa yang semakin kreatif dan mandiri ketika diberikan tugas dari guru. Selain itu, hasil evaluasi keberhasilan pendidikan entrepreneur juga dapat dilihat berdasarkan pada nilai mata pelajaran entrepreneur siswa, (3) Pendidikan entrepreneur sangat berdampak dalam membangun kreativitas siswa Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Qurrota A’yun Ponorogo. Dapat dilihat dari hasil kreativitas yang mereka buat, dan kemampuan berfikir kreatif mereka pada saat pembelajaran maupun praktik entrepreneur berlangsung, (4) Pendidikan entrepreneur sangat berdampak dalam membangun kemandirian siswa Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Qurrota A’yun Ponorogo, yang nampak dari kemampuan siswa pada saat menjual produk jualannya hingga habis tanpa meminta bantuan dari guru, meskipun tetap dalam pengawasan guru pada saat praktik berlangsung. |
id |
IOS3208.7022 |
institution |
STAIN Ponorogo |
institution_id |
128 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan STAIN Ponorogo |
library_id |
409 |
collection |
Digital Library STAIN Ponorogo |
repository_id |
3208 |
subject_area |
Kesusastraan Masalah Sosial Pendidikan |
city |
PONOROGO |
province |
JAWA TIMUR |
repoId |
IOS3208 |
first_indexed |
2019-08-11T22:11:36Z |
last_indexed |
2019-09-03T01:15:30Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766058154285596672 |
score |
17.538404 |