konsep pendidikan anak dalam al-qur'an surah luqman ayat 13-19 menurut tafsir al-azhar

Main Author: Nafi'ah, Lailatun Nurun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainponorogo.ac.id/7008/1/LAILATUN%20NURUN%20NAFI%27AH%20SKRIPSI.pdf
http://etheses.iainponorogo.ac.id/7008/
Daftar Isi:
  • Pendidikan memiliki makna yang sangat penting dalam kehidupan. Tidak ada yang mengingkari, apalagi menolak terhadap arti penting dan signifikansi pendidikan terhadap individu dan juga masyarakat. Pendidikan Islam begitu memperhatikan setiap perkembangan anak untuk mencapai sebuah keselarasan di dalam kehidupannya. Sumber belajar dari pendidikan Islam itu sendiri salah satunya adalah Al-Qur’an, di dalamnya terdapat berbagai macam esensi pendidikan. Sehingga diperlukan kajian mengenai pendidikan untuk perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui konsep pendidikan anak dalam Al-Qur’an surah Luqman ayat 13-19 dan untuk menganalisis konsep pendidikan anak dalam Al-Qur’an surah Luqman ayat 13-19 menurut Tafsir Al-Azhar karya Hamka. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kepustakaan(library research) yaitu telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan. Adapun dalam pembahasannya penulis menggunakan telaah analisis isi dengan metode deskriptif, karena data yang dikumpulkan berupa kata-kata yang tertulis, dengan demikian penelitian berisi kutipan-kutipan data dalam penyajian laporan. Berdasarkan analisis data yang ditemukan bahwa: (1) Pendidikan anak dalam Al-Qur’an adalah suatu usaha sadar yang dilakukan untuk menentukan perkembangan pendidikan jasmani dan rohani yang dimiliki oleh anak sebagai seorang individu yang memerlukan bimbingan, pengarahan, dan pengembangan potensi (fitrah) guna mencapai suatu keselarasan dan kesempurnaan dalam kehidupan pada zamannya. Pencapaian hal tersebut diperlukan upaya internalisasi dan transformasi nilai-nilai pendidikan, kebudayaan, dan adat istiadat yang ada. (2) Pendidikan anak menurut Hamka mencakup meliputi: pertama, Pendidikan Aqidah; Pendidikan aqidah merupakan pendidikan yang penting. Pendidikan ini pendidikan dasar untuk mengenal Tuhan (Allah) SWT dan pendidikan pembebasan dari ketergantungan terhadap yang selain Allah SWT. Kedua, Pendidikan Ibadah; merupakan suatu pendidikan membangun suatu hubungan dengan Sang Pencipta sebagai perwujudan dari kesinambungan pendidikan aqidah. Ketiga, Pendidikan Akhlak; Pendidikan akhlak merupakan fokus pendidikan yang sangat penting. untuk membekali anak di dalam keluarga dan bermasyarakat.