implementasi program tahfidz dalam memperkuat karakter siswa di mts negeri 3 ponorogo
Main Author: | Afiyah, Sulfa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etheses.iainponorogo.ac.id/7007/1/skripsi%20pdf.pdf http://etheses.iainponorogo.ac.id/7007/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Afiyah, Sulfa. 2019. Implementasi Program Tahfidz alQur’an dalam Memperkuat Karakter Siswa di Mts Negeri 3 Ponorogo. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Ahmad Nu’man Hakiem, M.Ag Kata kunci: Program Tahfidz al-Qur’an, Karakter Siswa. Dunia pendidikan sekolah-sekolah harus lebih intens melaksanakan program pendidikan karakter. Hal itu dikarenakan banyak siswa yang hanya pintar di kognitif tetapi karakternya rendah, kurang disiplin dan sebagainya. Kebanyakan praktisi pendidikan memang condong kepada dimensi pengetahuan, yang memegang asumsi jika aspek kognitif telah berkembang secara benar, maka aspek afektif akan ikut berkembang secara positif, padahal kenyataannya aspek afektif dan psikomotorik pun sangat berperan. Tentunya hal itu bisa dikembangkan diluar teori atau pelajaran, seperti kegiatan-kegiatan pembiasaan salah satunya program tahfidz al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui pelaksanaan program tahfidz al-Qur’an di MTs Negeri 3 Ponorogo. 2) untuk mengetahui konstribusi pelaksanaan program tahfidz al-Qur’an dalam memperkuat karakter kedisiplinan dan sikap tanggung jawab siswa yang mengikuti program tahfidz al-Qur’an di MTs Negeri 3 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subyek penelitian dalam penelititan ini adalah peserta didik MTs Negeri 3 Ponorogo yang mengikuti program tahfidz al-Qur’an sebanyak 22 siswa. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif miles dan huberman, yang meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa 1) Program tahfidz al-Qur’an di MTs Negeri 3 Ponorogo terdiri dari tahapan pertama perencanaan disusun melalui: Menetapkan program, menentukan indikator keberhasilan program, adanya penanggung jawab program dan adanya kegiatan. Tahapan kedua yakni kegiatan inti pelaksanaan program tahfidz al-Qur’an telah berjalan baik dari proses hafalan, metode yang digunakan, fasilitas yang ada. Tahapan terakhir adalah evaluasi. 2) Program tahfidz AlQur’an memberikan konstribusi dalam memperkuat karakter kedisiplinan, siswa menjadi disiplin berangkat lebih awal setelah mengikuti program tahfidz al-Qur’an, begitu pula dalam melaksanakan peraturan program tahfidz al-Qur’an, serta disiplin dalam setoran hafalan. Adapun konstribusi dalam memperkuat karakter tanggung jawab; siswa siap menanggung konsekuensi ketika tidak menyetorkan hafalan, juga tidak menyalahkan orang lain jika ada kesalahan dalam menghafal al-Qur’an, siswa menyadari kelemahan dirinya dalam menjaga hafalannya sehingga siswa selalu melakukan muroja’ah.