korelasi kemampuan membaca al-qur’an dan pemahaman ilmu tajwid terhadap hasil belajar mata pelajaran al-qur’an hadis kelas x di madrasah aliyah ma’arif al-mukarrom kauman sumoroto tahun ajaran 2018/2019

Main Author: Muna, Fiki Zahro Zakiyatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainponorogo.ac.id/7005/1/BISMILLAH%20SKRIPSI%20A5%20FIKI%20ZAHRO%20ZAKIYATUL%20MUNA%20%28210315071%29.pdf
http://etheses.iainponorogo.ac.id/7005/
Daftar Isi:
  • Muna, Fiki Zahro Zakiyatul. 2019. Korelasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an dan Pemahaman Ilmu Tajwid terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas X di Madrasah Aliyah Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Sumoroto Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agma Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing, Pryla Rochmahwati, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Pemahaman Ilmu Tajwid, Hasil Belajar. Dalam kemampuan membaca Al-Qur’an harus dibarengi dengan kemampuan mengetahui ilmu Tajwid dan mengaplikasikannya dalam membaca Al-Qur’an. dalam kegiatan belajar mengajar ada mata pelajaran ilmu Tajwid dan ada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Dalam pelajaran Al-Qur’an hadis ada ayat-ayat pilihan sesuai dengan materi. Ketika peserta didik membaca itu sedikit dari mereka yang tidak menerapkan materi tajwid yang sudah diajarkan dan ada dari mereka yang membaca Al-Qur’annya kurang lancar. Mereka mendapat mata pelajaran ilmu Tajwid akan tetapi dalam membacanya ada siswa yang tidak menenerapkannya. Hasil belajar dari pelajaran Al-Qur’an Hadits dan membaca Al-Qur’an siswa pun ada kurang maksimal ketika Penilaian Tengah Semester. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui korelasi antara kemampuan membaca Al-Qur’an terhadap hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas X di MA Ma’arif Al-Mukarrom Tahun Ajaran 2018/2019, (2) untuk mengetahui korelasi pemahaman ilmu tajwid terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis kelas X di MA Ma’arif Al-Mukarrom Tahun Ajaran 2018/2019, (3) untuk mengetahui korelasi antara kemampuan membaca Al-Qur’an dan pemahaman ilmu Tajwid terhadap hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas X di MA Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Sumoroto Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Teknik sampelnya menggunakan sampling jenuh dengan responden berjumlah 53 siswa. Pengumpulan data di peroleh dengan cara menggunakan tes tulis untuk memperoleh data tentang pemahaman ilmu Tajwid, dan menggunakan metode dokumentasi untuk memperoleh data hasil membaca Al-Quran siswa dan hasil belajar Al-Quran hadits. Teknik analisis data untuk hipotesis menggunakan korelasi product moment dan korelasi ganda. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa: (1) terdapat korelasi yang signifikan antara kemampuan membaca Al-Qur’an terhadap hasil belajar Al-Qur’an hadits siswa dengan hasil sig. sebesar 0,037 < 0,05 dan r hitung 0,287 > 0,266, (2) terdapat korelasi yang signifikan antara pemahaman ilmu Tajwid terhadap hasil belajar Al-Qur’an hadits siswa dengan hasil sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan r hitung 0,528 > 0,266, (3) terdapat korelasi antara variabel kemampuan membaca Al-Qur’an dan pemahaman ilmu Tajwid terhadap hasil belajar Al-Qur’an hadits siswa dengan hasil sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan r hitung 0,531 > 0,266, sehingga Ho3 ditolak dan Ha3 diterima.