pengaruh interaksi sosial dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar pai siswa kelas viii di smp negeri 2 wungu madiun tahun pelajaran 2018/2019

Main Author: Nurul, Darwati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainponorogo.ac.id/6992/1/SKRIPSI%20UPLOAD1.pdf
http://etheses.iainponorogo.ac.id/6992/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Darwati, Nurul. 2019. Pengaruh Interaksi Sosial dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Wungu Madiun. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Kayyis Fithri Ajhuri, M.A. Kata Kunci: Interaksi Sosial, Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar PAI Interaksi sosial dan kecerdasan emosional mempunyai peran penting dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa. Prestasi belajar adalah hasil belajar yang didapat individu setelah melakukan serangkaian prosespembelajaran. Prestasi belajar diengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor intern dan ekstern. Interaksi sosial sebagai faktor ekstern dapat memberi pengaruh berupa keakraban untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Sedangkan kecerdasan emosional sebagai faktor intern memberi pengaruh mengenai bagaimana siswa mampu mengolah kecakapan emosionalnya untuk tetap mengikuti kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh interaksi sosial terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wungu Madiun, 2) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wungu Madiun, 3) Pengaruh interaksi sosial dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wungu Madiun. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan penelitian expost facto. Populasi penelitian berjumlah 148 siswa dan sampel penelitian berjumlah 105. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling dan penggunpulan data penelitian menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa: 1) Interaksi sosial berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wungu Madiun, dibuktikan dengan Fhitung 5,031 ≥ Ftabel 3,92, berpengaruh sebesar 47% dan sisanya 53% dipengaruhi oleh faktor lain. 2) Kecerdasan emosional berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wungu Madiun, dibuktikan dengan Fhitung 4,149 ≥ Ftabel 3,92, berpengaruh sebesar 39% dan sisanya 61% dipengaruhi oleh faktor lain. 3) Interaksi sosial dan kecerdasan emosional berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wungu Madiun, dibuktikan dengan Fhitung 8,638 ≥ Ftabel 3,92, berpengaruh sebesar 14% dan sisanya 86% dipengaruhi oleh faktor lain.