implementasi pembelajaran kitab al-tibyan fi adabi hamalat al-qur’an dalam meningkatkan akhlak menghafal al-qur’an santri di pondok pesantren assyafi’iyah durisawo ponorogo

Main Author: Rikhanatun, Rikhanatun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainponorogo.ac.id/6979/1/RIKHANATUN%20210315202.pdf
http://etheses.iainponorogo.ac.id/6979/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rikhanatun. 2019. Implementasi Pembelajaran Kitab Al-Tibyan Fi Adabi Hamalat Al-Qur’an dalam Meningkatkan Akhlak Menghafal Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Assyafi’iyah Durisawo Ponorogo.Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Erwin Yudi Prahara, M.Ag.. Kata Kunci: Pembelajaran Kitab Kuning, Akhlak Menghafal Al-Qur’an Pondok Pesantren Assyafi’iyah Durisawo merupakan salah satu lembaga pendidikan Islamiyah dengan sistem pembelajaran yang memiliki keunggulan ajaran keagamaan seperti pembelajaran kitab al-Tibyan fi adabi hamalat al- Qur’an. Pembelajaran ini secara umum memprioritaskan kitab yang dikaji namun lebih menekankan pada santri dalam mengetahui adab, akhlak dalam menghafal al-Qur’an. Menghafal adalah salah satu cara memelihara dan menjaga al-Qur’an merupakan salah satu perbuatan baik dihadapan Allah. Sehingga terbentuknya pembelajaran ini banyak santri yang menghafal al-Qur’an dengan tujuan agar santri dapat meningkatkan akhlak menghafal al-Qur’an dengan cara menjaga diri dari hal yang dicegah al-Qur’an karena mengagungkan al-Qur’an menjaga diri dari perbuatan tercela, berjiwa mulia. Skripsi ini membahas tentang implementasi pembelajaran kitab al-Tibyan fi adabi hamalat al-Qur’an dalam meningkatkan akhlak menghafal al-Qur’an santri, dengan rumusan masalah yaitu (1) pelaksanaan pembelajaran kitab al- Tibyan fi adabi hamalat al-Qur’an dalam meningkatkan akhlak menghafal al- Qur’an santri (2) faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kitab al-Tibyan fi adabi hamalat al-Qur’an dalam meningkatkan akhlak menghafal al-Qur’an santri (3) dampak pembelajaran kitab al-Tibyan fi adabi hamalat al-Qur’an dalam meningkatkan akhlak menghafal al-Qur’an santri. Jenis penelitian yang digunakan adalah peneliti kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil yang telah disimpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran kitab al-Tibyan fi adabi hamalat al-Qur’an sudah cukup baik dengan menggunakan metode weton/bandongan yang dilaksanakan setiap malam senin dengan tujuan supaya santri tau mempelajari ilmu al-Qur’an bagaimana cara menjaga al-Qur’an baik dari segi adab/akhlak (2) Faktor pendukung dalam pembelajaran: peran aktif dari guru/ustadz, kitab al-Tibyan fi adabi hamalat al- Qur’an yang digunakan oleh ustadz dalam penyampaian materi. Sedangkan faktor penghambat: malas dan mengantuk pada santri. (3) dampak pembelajaran kitab al-Tibyan fi adabi hamalat al-Qur’an, para santri lebih berhati-hati dalam mempelajari al-Qur’an dan merasa antusias adanya pembelajaran kitab kuning sehingga pembelajaran bisa berjalan dengan lancar mencapai hasil yang maksimal salah satunya dapat membersihkan hati yang terhindar dari sifat tercela.