MANAJEMEN SARANA PRASARANA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN DI MA MA’ARIF KLEGO MRICAN JENANGAN PONOROGO

Main Author: muhshon, halwani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainponorogo.ac.id/5382/1/SKRIPSI_HALWANI_MUHSHON_DARDIRI_210313259.pdf
http://etheses.iainponorogo.ac.id/5382/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Dardiri, Halwani Muhshon. 2018. Manajemen Sarana Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran di MA Ma’arif Klego Mrican Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. AB. Musyafa’ Fathoni, M.Pd.I. Kata kunci: Manajemen Sarana Prasarana, Kualitas Proses Pembelajaran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh alasan bahwa salah satu masalah yang dihadapi oleh sekolah adalah permasalahan sarana dan prasarana pendidikan. Sarana dan prasarana pendidikan merupakan komponen penting dalam pendidikan. Begitu pentingnya sarana dan prasarana tersebut, sehingga setiap lembaga berusaha untuk memenuhi standar sarana dan prasarana pendidikan demi meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Tetapi sayangnya, sarana dan prasarana pendidikan seringkali tidak dikelola dengan pengetahuan yang cukup sehingga sering terjadi ketidaktepatan dalam pengelolaan. Dimana hal tersebut akan berimplikasi pada menurunnya kualitas proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui proses perencanaan sarana prasarana di MA Ma’arif Klego Mrican Jenangan Ponorogo, (2) untuk mengetahui proses pengadaan sarana prasarana di MA Ma’arif Klego Mrican Jenangan Ponorogo, dan (3) untuk mengetahui proses pemanfaatan sarana prasarana dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran di MA Ma’arif Klego Mrican Jenangan Ponorogo. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan: wawancara mendalam, observasi partisipasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif Miles dan Huberman, yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan proses pengumpulan dan analisis data, penelitian ini menghasilkan: (1) proses perencanaan sarana dan prasarana di MA Ma’arif Klego Jenangan Ponorogo dilaksanakan secara sistematis. Pertama, melakukan analisis kebutuhan (need analysis). Kedua, membuat draft perlengkapan yang dibutuhkan. Ketiga, melihat kesesuaian antara anggaran dana dengan kebutuhan. Keempat, melihat skala prioritas. Kelima, menyusun rencana pengadaan sarana dan prasarana, (2) proses pengadaan sarana dan prasarana di MA Ma’arif Klego Mrican Jenangan Ponorogo yaitu: melalui bantuan wali murid dan juga dari pemerintah. Sedangkan untuk manajemennya diserahkan kepada koordinator sarana dan prasarana, dan (3) proses pemafaatan sarana prasarana pendidikan di MA Ma’arif Klego Mrican Jenangan Ponorogo memperhatikan prinsip efektivitas dan efisiensi. Di antaranya dengan menyusun jadwal pemakaian sarpras, bekerjasama dalam memelihara sarpras, menempatkan koordinator yang sesuai dalam bidangnya, memahami prosedur penggunaan sarana dan prasarana (SOP). Serta penggunaan masing-masing sarana dan prasarana sesuai dengan manfaatnya. Selain itu, terdapat dampak positif dari pemanfaatan sarana dan prasarana di MA Ma’arif Klego Mrican Jenangan Ponorogo.