PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS KECAMATAN CIPANAS KABUPATEN CIANJUR

Main Author: ALDI MUHAMMAD TAUFIK, 122010103
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/9996/1/COVER.pdf
http://repository.unpas.ac.id/9996/2/abstrak.pdf
http://repository.unpas.ac.id/9996/3/BAB%20I%20PENDAHULUAN.pdf
http://repository.unpas.ac.id/9996/4/BAB%20II%20KAJIAN%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/9996/
Daftar Isi:
  • Puskesmas sebagai salah satu sarana pelayanan kesehatan yang paling penting mengemban tugas untuk memberi pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat. Puskesmas dituntut untuk selalu menjaga kepercayaan dan kepuasan pasien dengan memberi pelayanan yang bermutu. Pelayanan bermutu dalam konteks pelayanan di Puskesmas berarti memberikan pelayanan kepada pasien didasarkan pada standar kualitas untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat, sehingga dapat memperoleh kepuasan yang akhirnya dapat meningkatkan kepercayaan pasien terhadap Puskesmas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan masyarakat di Puskesmas Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian asosiatif dengan menggunakan analisa kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien Puskesmas Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur sebanyak 30 responden yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai probabilitas = 0,025 < 0,05 maka H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan masyarakat di Puskesmas Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur. Faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan masyarakat di Puskesmas Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur meliputi fasilitas ruang pemeriksaan dan ruang tunggu kurang memadai, petugas pelayanan kurang handal, dan jaminan kesembuhan tidak sesuai dengan harapan masyarakat. Dengan demikian Puskesmas Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur perlu mempertahankan elemen-elemen yang sudah dinilai baik oleh masyarakat serta perlu memperbaiki hal-hal yang masih kurang baik sehingga kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan terpenuhi dengan baik.