PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN CISARANTEN KIDUL PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM DALAM KEGIATAN EKONOMI

Main Author: Yolla Mentari, 125060042
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/9932/1/Cover%20Skripsi.docx
http://repository.unpas.ac.id/9932/2/Abstrak.docx
http://repository.unpas.ac.id/9932/3/BAB%20I.docx
http://repository.unpas.ac.id/9932/4/BAB%20II.docx
http://repository.unpas.ac.id/9932/5/BAB%20III.docx
http://repository.unpas.ac.id/9932/6/BAB%20IV.docx
http://repository.unpas.ac.id/9932/7/BAB%20V.docx
http://repository.unpas.ac.id/9932/8/Daftar%20Pustaka.docx
http://repository.unpas.ac.id/9932/
Daftar Isi:
  • Judul penelitian ini adalah Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Pembelajaran IPS Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam dalam Kegiatan Ekonomi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana perencanaan pelaksanaan pembelajaran yang disusun oleh guru tentang pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan ekonomi dalam pembelajaran IPS melalui metode problem based learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Cisaranten kidul Bandung dan Bagaimana pelaksanaan pembelajaran yang disusun oleh guru tentang pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan ekonomi dalam pembelajaran IPS malalui metode problem based learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Cisaranten Kidul Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Hasil yang diperoleh untuk setiap siklusnya mengalami peningkatan baik motivasi maupun nilai yang diperoleh. Pada siklus I aktivitas dan motivasi siswa sebesar 52%, sedangkan hasil belajar siswa sebesar 48%. Pada siklus II aktivitas dan motivasi siswa sebesar 84%, sedangkan hasil belajar siswa sebesar 82%. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulam bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar kelas IV SDN Cisaranten Kidul merupakan dampak positif, artinya keberadaan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap hasil belajar siswa. Dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning hendaknya guru memahami dan melaksanakan perencanaan secara lebih rinci dan semaksimal mungkin agar kegiatan pembelajaran mencapai tujuan yang diharapkan Kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Model Problem Based Learning (PBL)