ctrlnum 9902
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/9902/</relation><title>PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS</title><creator>Dwi Oktovriani, 125060083</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Judul penelitian ini adalah penggunaan model Problem Based Learning untuk meningkatkan sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah perencanaan pembelajaran pada materi masalah sosial di lingkungan setempat disusun menggunakan model Problem Based Learning (PBL) agar sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Cisaranten Kidul meningkat dan bagaimanakah proses pembelajaran pada materi masalah sosial di lingkungan setempat di kelas IV SDN Cisaranten Kidul dilaksanakan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dilakukan agar sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa meningkat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak penggunaan model Problem Based Learning terhadap sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Cisaranten Kidul. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Hasil yang diperoleh untuk setiap siklusnya mengalami peningkatan baik sikap rasa ingin tahu maupun nilai yang diperoleh. Pada siklus I sikap rasa ingin tahu siswa sebesar 69,66%, sedangkan hasil belajar siswa sebesar 68%. Pada siklus II sikap rasa ingin tahu siswa sebesar 88%, sedangkan hasil belajar siswa sebesar 100% dengan perolehan rata-rata siswa sebesar 70.&#xD; Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulam bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar kelas IV SDN Cisaranten Kidul merupakan dampak positif, artinya keberadaan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap hasil belajar siswa dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning hendaknya guru memahami dan melaksanakan perencanaan secara lebih rinci dan semaksimal mungkin agar kegiatan pembelajaran mencapai tujuan yang diharapkan.&#xD; &#xD; Kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas (PTK)&#xD; Model Problem Based Learning</description><date>2016-09-01</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/9902/1/ABSTRAK.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/9902/2/ABSTRACT.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/9902/3/BAB%20I.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/9902/4/BAB%20II.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/9902/5/BAB%20III.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/9902/6/BAB%20IV.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>aa</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/9902/7/BAB%20V.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/9902/8/DAFTAR%20PUSTAKA.docx</identifier><identifier> Dwi Oktovriani, 125060083 (2016) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>9902</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Dwi Oktovriani, 125060083
title PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS
publishDate 2016
topic S1-Skripsi
url http://repository.unpas.ac.id/9902/1/ABSTRAK.docx
http://repository.unpas.ac.id/9902/2/ABSTRACT.docx
http://repository.unpas.ac.id/9902/3/BAB%20I.docx
http://repository.unpas.ac.id/9902/4/BAB%20II.docx
http://repository.unpas.ac.id/9902/5/BAB%20III.docx
http://repository.unpas.ac.id/9902/6/BAB%20IV.docx
http://repository.unpas.ac.id/9902/7/BAB%20V.docx
http://repository.unpas.ac.id/9902/8/DAFTAR%20PUSTAKA.docx
http://repository.unpas.ac.id/9902/
contents Judul penelitian ini adalah penggunaan model Problem Based Learning untuk meningkatkan sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah perencanaan pembelajaran pada materi masalah sosial di lingkungan setempat disusun menggunakan model Problem Based Learning (PBL) agar sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Cisaranten Kidul meningkat dan bagaimanakah proses pembelajaran pada materi masalah sosial di lingkungan setempat di kelas IV SDN Cisaranten Kidul dilaksanakan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dilakukan agar sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa meningkat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak penggunaan model Problem Based Learning terhadap sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Cisaranten Kidul. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Hasil yang diperoleh untuk setiap siklusnya mengalami peningkatan baik sikap rasa ingin tahu maupun nilai yang diperoleh. Pada siklus I sikap rasa ingin tahu siswa sebesar 69,66%, sedangkan hasil belajar siswa sebesar 68%. Pada siklus II sikap rasa ingin tahu siswa sebesar 88%, sedangkan hasil belajar siswa sebesar 100% dengan perolehan rata-rata siswa sebesar 70. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulam bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar kelas IV SDN Cisaranten Kidul merupakan dampak positif, artinya keberadaan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap hasil belajar siswa dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning hendaknya guru memahami dan melaksanakan perencanaan secara lebih rinci dan semaksimal mungkin agar kegiatan pembelajaran mencapai tujuan yang diharapkan. Kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Model Problem Based Learning
id IOS3183.9902
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2016-09-24T05:06:53Z
last_indexed 2017-07-10T03:17:05Z
recordtype dc
_version_ 1766044887262691328
score 17.538404