PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI MASALAH SOSIAL
Main Author: | INTAN PRATIWI, 125060194 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/9878/1/COVER.docx http://repository.unpas.ac.id/9878/2/abstrak.docx http://repository.unpas.ac.id/9878/3/BAB%201.docx http://repository.unpas.ac.id/9878/4/BAB%202.docx http://repository.unpas.ac.id/9878/5/BAB%203.docx http://repository.unpas.ac.id/9878/6/BAB%204.docx http://repository.unpas.ac.id/9878/7/BAB%205.docx http://repository.unpas.ac.id/9878/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran IPS pada materi masalah sosial. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Sukarame dan dilatar belakangi keadaan peserta didik yang menunjukkan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model Student Teams Achievement Division. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian hasil tes belajar. Pada penilaian hasil belajar siklus 1 nilai rata-rata yaitu 61,17, dan hasil belajar siklus 2 rata-rata nilai mencapai 70,67. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS pada materi masalah sosial di kelas IV SDN Sukarame. Dengan demikian, penggunaan model Student Teams Achievement Division dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS pada materi yang lainnya. Kata kunci: Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD), Hasil Belajar Peserta Didik.