ctrlnum 9726
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/9726/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS MATERI LETAK RUMAH</title><creator>TATIKAH AYUNINGTIYA, 125060321</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa kelas I terhadap pembelajaran IPS pada materi letak rumah yang dilatar belakangi oleh masih rendahnya rasa ingin tahu partisipasi dan hasil belajar siswa terhadap materi pembelajaran tersebut. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa yang terlihat dari hasil belajar menunjukkan peningkatan di setiap tes. Hasil postes siklus I menunjukkan dari hasil belajar siswa berjumlah sebesar 30,4%. Hasil postes siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, pada siklus II siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 100%, terjadi peningkatan sebesar 59,6% dari hasil postes siklus I. Sedangkan untuk hasil penilaian rasa ingin tahu siswa yang menyatakan dirinya aktifi dalam belajar pada siklus I yaitu 52,5%. Pada siklus II 100% siswa menyatakan dirinya berperan aktif dalam belajar. Artinya adanya peningkatan rasa ingin tahu yang dirasakan oleh siswa sendiri setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajan Inkuiri. Sementara aktivitas siswa terhadap pembelajaran terlihat efektif, hal tersebut terlihat dari keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran. Respon siswa terhadap pembelajaran sangat positif, siswa bersemangat dan merasa senang dalam pembelajaran dan mampu menguasai kelas. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian adalah peningkatan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa dari hasil postes siklus I dan postes siklus II menunjukan peningkatan yang baik, hasil pelaksanaan postes siklus II menunjukkan siswa yang mencapai KKM sebanyak 100%, hal tersebut melebihi target yang ditentukan penulis yaitu 80%. &#xD; Kata Kunci: Inkuiri, Rasa Ingin Tahu, Hasil Belajar.</description><date>2016-08-31</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/9726/1/Cover%20SKRIPSI%20AYUU.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/9726/2/abtrak.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/9726/3/BAB%20I%20TATIKAH.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/9726/4/BAB%20II%20TATIKAH.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/9726/5/BAB%20III%20TATIKAH.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/9726/6/BAB%20IV%20TATIKAH.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/9726/7/BAB%20V%20TATIKAH.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/9726/8/DAFTAR%20PUSTAKA%20seluruh.docx</identifier><identifier> TATIKAH AYUNINGTIYA, 125060321 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS MATERI LETAK RUMAH. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>9726</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author TATIKAH AYUNINGTIYA, 125060321
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS MATERI LETAK RUMAH
publishDate 2016
topic S1-Skripsi
url http://repository.unpas.ac.id/9726/1/Cover%20SKRIPSI%20AYUU.docx
http://repository.unpas.ac.id/9726/2/abtrak.docx
http://repository.unpas.ac.id/9726/3/BAB%20I%20TATIKAH.docx
http://repository.unpas.ac.id/9726/4/BAB%20II%20TATIKAH.docx
http://repository.unpas.ac.id/9726/5/BAB%20III%20TATIKAH.docx
http://repository.unpas.ac.id/9726/6/BAB%20IV%20TATIKAH.docx
http://repository.unpas.ac.id/9726/7/BAB%20V%20TATIKAH.docx
http://repository.unpas.ac.id/9726/8/DAFTAR%20PUSTAKA%20seluruh.docx
http://repository.unpas.ac.id/9726/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa kelas I terhadap pembelajaran IPS pada materi letak rumah yang dilatar belakangi oleh masih rendahnya rasa ingin tahu partisipasi dan hasil belajar siswa terhadap materi pembelajaran tersebut. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa yang terlihat dari hasil belajar menunjukkan peningkatan di setiap tes. Hasil postes siklus I menunjukkan dari hasil belajar siswa berjumlah sebesar 30,4%. Hasil postes siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, pada siklus II siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 100%, terjadi peningkatan sebesar 59,6% dari hasil postes siklus I. Sedangkan untuk hasil penilaian rasa ingin tahu siswa yang menyatakan dirinya aktifi dalam belajar pada siklus I yaitu 52,5%. Pada siklus II 100% siswa menyatakan dirinya berperan aktif dalam belajar. Artinya adanya peningkatan rasa ingin tahu yang dirasakan oleh siswa sendiri setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajan Inkuiri. Sementara aktivitas siswa terhadap pembelajaran terlihat efektif, hal tersebut terlihat dari keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran. Respon siswa terhadap pembelajaran sangat positif, siswa bersemangat dan merasa senang dalam pembelajaran dan mampu menguasai kelas. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian adalah peningkatan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa dari hasil postes siklus I dan postes siklus II menunjukan peningkatan yang baik, hasil pelaksanaan postes siklus II menunjukkan siswa yang mencapai KKM sebanyak 100%, hal tersebut melebihi target yang ditentukan penulis yaitu 80%. Kata Kunci: Inkuiri, Rasa Ingin Tahu, Hasil Belajar.
id IOS3183.9726
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2016-09-24T05:06:48Z
last_indexed 2017-07-10T03:17:05Z
recordtype dc
_version_ 1766044887041441792
score 17.538404