Daftar Isi:
  • Berdasarkan pengamatan tahun-tahun sebelumnya, ternyata hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kurang memuaskan. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada pokok bahasan gerak benda dapat meningkatkan hasil belajar siswa? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Muhammadiyah 4 Kota Bandung dengan jumlah siswa 24 orang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Prosedur penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan tindakan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan nilai soal pretes, postes dan hasil observasi. Sebagai tolak ukur keberhasilan rata-rata kelas yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu ≥70. Hasil observasi menunjukkan adanya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil siklus I dan siklus II nilai yang diperoleh dari rata-rata kelas dapat meningkat. Simpulan yang dapat diambil, setelah melakukan penelitian melalui model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III siswa SD Muhammadiyah 4 Kota Bandung pada mata pelajaran IPA dengan pokok bahasan gerak benda. Kata Kunci: Hasil belajar IPA, Contextual Teaching and Learning