IMPLEMENTASI PENDEKATAN METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Main Author: WIA UTIRAH, NPM. 138060087
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/9574/1/ABSTRAK.docx
http://repository.unpas.ac.id/9574/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx
http://repository.unpas.ac.id/9574/3/BAB%20I.docx
http://repository.unpas.ac.id/9574/4/BAB%20II.docx
http://repository.unpas.ac.id/9574/
ctrlnum 9574
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/9574/</relation><title>IMPLEMENTASI PENDEKATAN METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS</title><creator>WIA UTIRAH, NPM. 138060087</creator><subject>S2-Thesis</subject><description>Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa SMA Pasundan 8 Bandung merupakan permasalahan yang menuntut pendidik untuk dapat menerapkan suatu pendekatan baru dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan metode campuran (Mixed Method) tipe Embedded Desain dengan jenis Embedded experimental model dengan desain penelitian berbentuk pretes-postes control grup design, yang bertujuan untuk melakukan studi yang berfokus pada penggunaan pendekatan metakognitif yang diduga dapat meningkatkan kemandirian belajar dan dampaknya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Pasundan 8 Bandung. Pemilihan sampel dilakukan dari populasinya secara purposif (purposive sampling) dari 4 kelas X. Kelas X-3 berjumlah 31 orang yaitu 15 orang kelompok unggul dan 16 orang kelompok asor, diberikan perlakuan dengan pendekatan metakognitif dan kelas X-4 berjumlah 31 orang, 15 orang kelompok unggul dan 16 orang kelompok asor, dengan pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket kemandirian belajar dengan skala likert, dan lembar observasi. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan pendekatan metakognitif lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan metode ekspositori berdasarkan KAM kategori unggul dan asor (2) Terdapat pengaruh self regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa &#xD; &#xD; Kata kunci: metakognitif, kemampuan pemecahan masalah matematis, kemandirian belajar mahasiswa.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/9574/1/ABSTRAK.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/9574/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/9574/3/BAB%20I.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/9574/4/BAB%20II.docx</identifier><identifier> WIA UTIRAH, NPM. 138060087 (2015) IMPLEMENTASI PENDEKATAN METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Thesis(S2) thesis, UNPAS. </identifier><recordID>9574</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author WIA UTIRAH, NPM. 138060087
title IMPLEMENTASI PENDEKATAN METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
publishDate 2015
topic S2-Thesis
url http://repository.unpas.ac.id/9574/1/ABSTRAK.docx
http://repository.unpas.ac.id/9574/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx
http://repository.unpas.ac.id/9574/3/BAB%20I.docx
http://repository.unpas.ac.id/9574/4/BAB%20II.docx
http://repository.unpas.ac.id/9574/
contents Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa SMA Pasundan 8 Bandung merupakan permasalahan yang menuntut pendidik untuk dapat menerapkan suatu pendekatan baru dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan metode campuran (Mixed Method) tipe Embedded Desain dengan jenis Embedded experimental model dengan desain penelitian berbentuk pretes-postes control grup design, yang bertujuan untuk melakukan studi yang berfokus pada penggunaan pendekatan metakognitif yang diduga dapat meningkatkan kemandirian belajar dan dampaknya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Pasundan 8 Bandung. Pemilihan sampel dilakukan dari populasinya secara purposif (purposive sampling) dari 4 kelas X. Kelas X-3 berjumlah 31 orang yaitu 15 orang kelompok unggul dan 16 orang kelompok asor, diberikan perlakuan dengan pendekatan metakognitif dan kelas X-4 berjumlah 31 orang, 15 orang kelompok unggul dan 16 orang kelompok asor, dengan pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket kemandirian belajar dengan skala likert, dan lembar observasi. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan pendekatan metakognitif lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan metode ekspositori berdasarkan KAM kategori unggul dan asor (2) Terdapat pengaruh self regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Kata kunci: metakognitif, kemampuan pemecahan masalah matematis, kemandirian belajar mahasiswa.
id IOS3183.9574
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2016-09-24T05:06:48Z
last_indexed 2017-07-10T03:17:03Z
recordtype dc
_version_ 1766044886608379904
score 17.538404