PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA
Daftar Isi:
- Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di SD Negeri Coblong Bandung, khususnya di kelas IV pada mata pelajaran IPA tentang Alat Indera Manusia dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya masalah yang peneliti temukan pada saat melaksanakan observasi. Permasalahan tersebut yaitu adanya penurunan sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Coblong Bandung dalam pembelajaran IPA pada materi Alat Indera Manusia melalui model Discovery Learning. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan pembelajaran. Adapun tahapan dalam penelitian yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis, dan refleksi. Isntrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan tes evaluasi hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Dari sikap rasa ingin tahu siswa pada siklus I siswa yang memperoleh ketuntasan sebesar 68,42% dengan kategori baik, selanjutnya pada siklus II siswa yang memperoleh ketuntasan sebesar 84,86% dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I dengan jumlah siswa 38 siswa yang mencapai KKM 76,30%, selanjutnya pada siklus II terdapat peningkatan siswa yang mencapai KKM sebesar 92,00%. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Coblong Bandung pada mata pelajaran IPA tentang Alat Indera Manusia. Kata Kunci: Rasa Ingin Tahu, Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran, Discovery Learning.