Daftar Isi:
  • Penelitian Penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Cigondewah 1 dalam pembelajaran IPA pada subpokok bahasan struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Pembelajaran yang diberikan secara konvensional menjadikan pembelajaran monoton, kurang efektif dan siswa tidak mampu bekerjasama dengan teman sekelompoknya karena cenderung mengandalkan satu orang siswa dalam kelompok tersebut pada saat pembelajaran berlangsung. Hal ini dibuktikan dengan hasil prestasi belajar siswa sebelum dilaksanakan perbaikan, yaitu diperoleh hasil evaluasi awal dengan ketuntasan 18,5%. Oleh karena itu perlu dilakukan perubahan dalam meningkatkan hasil belajar, aktivitas dan kreativitas guru dalam mengelola proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan tiga siklus, setiap siklus dilaksanakan selam dua pertemuan dimana tiap siklusnya terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. intrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar observasi, angket, wawancara dan lembar kerja siswa. Perencanaan dengan menggunakan model Discovery Learning ini menekankan pada kerjasama siswa dalam kelompok sehingga mereka dapat saling membantu dalam memahami materi dan menemukan konsep secara berkelompok. Hasil penelitian ini menunjukan hasil yang signifikan, hal ini terlihat dari peningkatan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar pada siklus I dengan ketuntasan 29,6%, siklus II dengan ketuntasan 60% dan siklus III dengan ketuntasan 82%. Dengan demikian, penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA subpokok bahasan struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya. Kata kunci: Discovery Learning, kerjasama, prestasi belajar, struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya